Budaya

Mengenal Sumbang Duo Baleh dalam Budaya Minangkabau

2466
×

Mengenal Sumbang Duo Baleh dalam Budaya Minangkabau

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar memberikan arahan Bimtek Edukasi ABS SBK bagi Generasi Muda yang digelar Dinas Kebudayaan Sumbar, Selasa (5/7/2022) di Ocean Beach Hotel, Padang.ist

PADANG – Penanaman akhlaq di Minangkabau memiliki sejumlah elemen yang mesti dipedomani generasi muda. Elemen tersebut saling berkaitan kemudian menyatu menjadi ukuran prilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Elemen tersebut terdiri dari Sumbar Duo Baleh, Adat Sopan Santun, Budi, Raso Jo Pareso dan Tahu di Nan Ampek. Selain itu juga ditopang dengan langgam kato nan ampek.

“Secara keseluruhan dalam praktik kehidupan di Minangkabau menjadikan elemen tersebut sebagai ukuran dan parameternya dalam kehidupan sehari-hari,”sebut Budayawan Ratmil pada Bimtek Edukasi ABS SBK bagi Generasi Muda yang digelar Dinas Kebudayaan Sumbar, Selasa (5/7/2022) di Ocean Beach Hotel, Padang.

Kegiatan itu diikuti 150 peserta. Merupakan rang mudo dan puti bungsu yg berasal dari kabupaten/ kota se sumbar.

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi Sebut Gerakan Muhammadiyah Bertujuan Mengembalikan Umat ke Ajaran Asli Islam

Kato Nan Ampek, sudah menjadi garis besar cara bergaul dalam Minangkabau. Jika dijabarkan, kato nan ampek terdiri dari kato mandaki yakni cara bertutur kata kepada orang yang lebih dituakan baik dari segi umur maupun dari segi jabatan atau kedudukukannya dalam masyarakat.

Kato mandata artinya, cara bertutur kata untuk sesama besar hendaklah menunjukkan saling menghargai. Kato Manurun, cara bertutur kata dengan orang yang lebih kecil dari kita atau sikap dan sopan santun orang yang lebih tua kepada yang lebih muda.

Kemudian, kato malereng Kato melereng merupakan sikap dan berbicara melalui kiasan dan sindiran, bisa berbentuk pantun bidal, petetah petitih dan lainya.

BACA JUGA  Kostum Kontingen Sumbar pada PON XX Tak Lazim

Menurutnya, intinya pesan dari ajaran Minangkabau berdasarkan dari raso jo pareso, takuik jo malu, budi kemudian menjadi adat. Semua itu dilaksanakannkan dengan tahu nan ampek, adat sopan santun dan sumbang duobaleh.

Sumbar duo baleh menjadi patron yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sumbang duo baleh terdiri dari Sumbang Duduak
Sumbang Tagak, Sumbang Bajalan, Sumbang Kato, Sumbang Tanyo, Sumbang Jawek, Sumbang Bagaua, Sumbang Caliak, Sumbang Makan, Sumbang Pakai, Sumbang Karajo dan Sumbang Kurenah,

Dijabarkannya, Sumbang Duduak Duduak Padusi Minangkabau iyolah basimpuah. ijan sakali-kali duduak baselo cando laki-laki, nan paliang tacelak bana kalau mancangkuang, mancongkong atau sabalah lutuik batagak an sarupo urang duduak di lapau.

BACA JUGA  2019, Jumlah Kurban di Mushalla Nurun Ala Nurin Meningkat

Comment