PendidikanSumatera Barat

Perguruan Ar Risalah Luluskan 222 Santri Hafal Alquran

130
×

Perguruan Ar Risalah Luluskan 222 Santri Hafal Alquran

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi saat menghadiri gelaran Wisuda Angkatan XV dan Wisuda Tahfizh MAS Tahun 2023/2024 lembaga pendidikan tersebut di GOR Perguruan Islam Ar Risalah, Sabtu (27/04/2024).Ist

PADANG-Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengapresiasi peran Perguruan Islam Ar Risalah telah mencetak kader penerus bangsa yang terdidik, berpengetahuan luas, serta para hafizulqur’an.

Apresiasi itu disampaikannya saat menghadiri gelaran Wisuda Angkatan XV dan Wisuda Tahfizh MAS Tahun 2023/2024 lembaga pendidikan tersebut di GOR Perguruan Islam Ar Risalah, Sabtu (27/04/2024).

“Setiap tahun Ar Risalah berkontribusi menamatkan para anak didik dan tahfizh Al Quran. Pemprov Sumbar mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Ar Risalah atas kontribusi selama ini. Prestasi yang dihadirkan patut disyukuri. Tamatan telah berikan kontribusi untuk daerah dan bangsa dan negaranya,” ujarnya.

Dalam kesempatan kali ini, Wisuda Angkatan XV diikuti oleh 209 wisudawan/wisudawati, ditambah Wisuda Tahfizh sebanyak 13 orang yang telah tahfiz 5 juz, 10 juz, 15 juz dan 20 juz. Prestasi ini diharapkan Gubernur ke depan akan lebih banyak dan lebih berkualitas lagi.

BACA JUGA  Bagindo Armaidi Lahirkan Karya Buku ”Tokoh NU dari Sumatera Barat”

“Insya Allah, walau selama ini anak didik Ar Risalah berkumpul dalam ruangan 2×3 meter, tapi pikiran harus jauh melampaui ruangan 2×3 meter itu. Harus terus memberikan kontribusi pemikiran untuk bangsa dan negara ini,” terangnya.

Pemprov Sumbar, terang Mahyeldi, saat ini terus mempersiapkan jalur-jalur untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Tamatan pendidikan di Sumbar, menurutnya harus masuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan luar negeri. “Bagi yang masih mengikuti pendidikan di Ar Risalah, maka persiapkanlah diri sebaik-baiknya,” ajaknya.

Di sisi lain, perwakilan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Yohannes mengatakan, lembaga pendidikan keagamaam pondok pesantren (ponpes) yang saat ini terdaftar di Sumbar berjumlah 286 ponpes. Yohannes menyebutkan, ada tiga fungsi ponpes, yakni penyelenggaraan pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA  Kakan Kemenag Padang Motivasi Siswa, Edy Oktafiandi: Jaga Martabat Madrasah

“Ar Risalah melaksanakan tiga fungsi tesebut. Seperti pendidikan keagamaan dan juga ada pendidikan tahfizh di sini,” ucapnya.

Yohannes juga mengucapkan terima kasih kepada Ar Risalah yang telah menyelenggarakan wisuda. Kegiatan wisuda ini jadikan motivasi dan semangat bagi siswa tamatan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Baik itu perguruan tinggi Islam seperti di UIN dan juga peluang melanjutkan perguruan tinggi ke luar negeri ke Timur Tengah.(Bdr)

Comment