Peristiwa

Kementrian Agama Launching Program Senam Haji Indonesia

128
×

Kementrian Agama Launching Program Senam Haji Indonesia

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI – Wali Kota Bukittinggi, melalui Kepala Dinas Kesehatan lakasanakan senam haji bersama Calon Jamaah Haji Tahun 2024. Kegiatan ini digelar di depan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhkati, Minggu (28/04/2024).

Pada tahun 2024 ini, terdapat 316 Calon Jamaah Haji Kota Bukittinggi, yang masuk dalam kloter 11 Padang. Dimana kloter 11 tersebut, dijadwalkan berangkat menuju embarkasi Padang pada tanggal 24 Mei dan terbang menuju Jeddah pada tanggal 25 Mei dini hari.

Wali Kota Bukittinggi, melalui Kepala Dinas Kesehatan Linda Faroza, menjelaskan, pada tahun 2024 ini, Kementrian Kesehatan bersama Kemetrian Agama, launching program senam haji Indonesia. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji.

BACA JUGA  Tabungan Utsman: Bang Wako, Bantu Orang Banyak, Selanjutnya Biar Allah Yang Bantu Kita

“Untuk pertama kalinya Senam Haji Indonesia diberikan kepada calon jamaah haji di tahun 2024 ini. Senam dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pagi ini. Termasuk kita Bukittinggi, juga melaksanakannya. Semoga CJH kita semua diberikan kesehatan serta kekuatan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji nantinya. Aamiin,” ungkap Linda.

Linda menambahkan, senam haji ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani para Calon Jamaah Haji. “Karena pada saat di Tanah Suci nanti akan sangat menguras tenaga dan stamina. Sehingga perlu dijaga kebugaran tubuh sebelum ibadah haji dimulai supaya bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Bukittinggi, Eri Iswandi, melalui Kasi Haji dan Umrah, Misra Elfi, menyampaikan, senam haji menjadi bagian dari manasik jamaah haji. Fungsinya untuk menjaga istita’ah kesehatan jemaah haji.

BACA JUGA  Kapolres Solsel Berikan Motivasi Saat Tinjau Pos Pengamanan Nataru

“Tahun ini, pemerintah memang sangat konsen terhadap kesehatan jamaah. Sehingga istita’ah memang jadi syarat utama untuk jamaah haji melalukan pelunasan, agar bisa melaksanakan ibadah haji,” pungkasnya. (Aul)

Comment