BudayaPendidikan

Resmikan Popes Al-Bukhari, Mahyeldi Harapkan jadi Rahim Lahirkan Ulama Besar

138
×

Resmikan Popes Al-Bukhari, Mahyeldi Harapkan jadi Rahim Lahirkan Ulama Besar

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Bukhari di Nagari Padang Laweh, Sungai Pua, Kabupaten Agam, Kamis (18/04/2024).Ist

AGAM-Gubernur Sumbar meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Al-Bukhari di Nagari Padang Laweh, Sungai Pua, Kabupaten Agam, Kamis (18/04/2024). Diharapkan, ponpes ini dapat menjadi satu rahim yang melahirkan ulama-ulama besar dari Sumbar di masa yang akan datang.

“Hari ini kita meresmikan Pondok Pesantren Modern Al-Bukhari, yang berkonsentrasi pada keilmuan hadist. Kehadirannya sangat kita nantikan, terutama dalam membina generasi muda agar menjadi alim dan ulama di tengah masyarakat,” ucapnya.

Pada masa lalu, sambung Mahyeldi, Sumbar dikenal sebagai lumbung yang menghasilkan ulama-ulama mahsyur. Bahkan menjadi tokoh penting dalam sejarah bangsa.

Namun hari ini, jumlah kalahiran ulama dari rahim pendidikan di Sumbar tidak sebanyak di masa-masa sebelumnya.

BACA JUGA  Soal Penolakan Program Pemko, Disayangkan Ada Oknum Mengatasnamakan Sebagai Ninik Mamak Secara Keseluruhan

“Tradisi mencetak ulama-ulama besar ini yang harus kita lakukan kembali di Sumbar. Kita ingin lahir Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi baru, Syekh Sulaiman Arrasuli baru, Syekh Yasin Al Fadani baru, Buya Hamka baru, dan sosok-sosok baru seperti ratusan ulama besar lainnya asal Sumbar,” ujarnya.

Untuk itu, Mahyeldi menegaskan harapan Pemprov Sumbar atas kehadiran Ponpes Modern Al-Bukhari, lahirnya ulama-ulama besar dari rahim pondok pesantren tersebut.

Dalam kesempatan itu, Mahyeldi juga melakukan penandatanganan prasasti pendirian Ponpes Modern Al-Bukhari, menggunting pita peresmian gedung pesantren, serta menyaksikan pembacaan keputusan pengangkatan Ustaz Ilham, LC, MA selaku Kepala Ponpes Al-Bukhari.

Selain itu, agenda peresmian juga dibarengi dengan tabligh akbar yang menghadirkan mubaligh Ustaz Dr (HC) Zulkifli Muhammad Ali, LC, MA.(Bdr)

BACA JUGA  Pertama pada 2023,  Pengda INI Tanah Datar Gelar Seleksi ALB

Comment