Kota PadangPeristiwa

Pepsodent Gelar Sikat Gigi Bersama 125.000 Siswa SDN dan SMPN di Kota Padang

368
×

Pepsodent Gelar Sikat Gigi Bersama 125.000 Siswa SDN dan SMPN di Kota Padang

Sebarkan artikel ini
Kegiatan sikat gigi bersama seluruh siswa SDN dan SMPN Kota Padang yang disaksikan langsung oleh Walikota Padang berpusat di Sekolah Adabiah, Kota Padang.Ist

PADANG – Mendukung Indonesia Bebas Karies 2030, Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Andalas bersama Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent menggelar sikat gigi bersama secara hybrid dengan peserta terbanyak, yaitu 125.000 siswa dari seluruh SDN dan SMPN Kota Padang, Selasa (23/4/2024).

Kegiatan itu didukung Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, acara yang berpusat di Sekolah Adabiah ini merupakan bagian rangkaian peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024 dalam kampanye “Senyum Sehat Indonesia”, hasil kolaborasi PDGI, AFDOKGI, ARSGMPI dan Pepsodent.

Lebih dari 50% anak usia 5-9 tahun di Provinsi Sumatera Barat memiliki karies atau gigi berlubang. Sehingga, kesehatan gigi dan mulut masih menjadi salah satu perhatian Pemerintah.

BACA JUGA  Pemko dan RSUD Bukittinggi Terus Tingkatkan Mutu Layanan kepada Masyarakat

Berkat konsistensi Pemkot Padang melakukan edukasi dan sosialisasi menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti melalui kegiatan rutin sikat gigi bersama, maka jumlah penderita karies Kota Padang merupakan yang kedua terendah di Provinsi Sumatera Barat. Yakni pada angka, 36,71%, jauh di bawah rata-rata nasional (88,8%) .

Wali Kota Padang, Hendri Septa menyampaikan, Pemerintah Kota Padang sangat mengapresiasi FKG-RSGM Universitas Andalas atas kerja samanya untuk pelaksanaan acara hari ini.

“Alhamdulillah kita dapat berkumpul memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2024 dengan tema ‘Senyum Sehat Indonesia’. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Unilever Indonesia yang sudah menjawab tantangan untuk mengadakan kegiatan sikat gigi bersama seluruh siswa SDN dan SMPN Kota Padang,”katanya.

BACA JUGA  Gubernur Mahyeldi Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Dia mengaku bangga bahwa anak-anak sudah memulai kebiasaan sikat gigi pagi dan malam hari. Menjaga kesehatan gigi sejak dini penting agar dapat terhindar dari berbagai masalah dan gigi.

Dekan FKG Universitas Andalas Prof. Dr. drg. Nila Kasuma, M. Biomed, menjelaskan, guna mempersiapkan generasi emas 2045, kesadaran merawat kesehatan gigi dan mulut harus terus ditingkatkan. Karena, mulut adalah pintu gerbang masuknya berbagai mikroba yang besar pengaruhnya pada kesehatan tubuh, terlebih bagi anak-anak.

Comment