Budaya

HBH 2024, PKPS dan PWPS se-Sumbar Berlangsung Meriah 

296
×

HBH 2024, PKPS dan PWPS se-Sumbar Berlangsung Meriah 

Sebarkan artikel ini

PADANG — Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) DPW Sumbar dan Perkumpulan Wanita Pesisir Selatan (PWPS) menggelar Halalbihalal (HBH) dengan tajuk “Meningkatkan Raso Badunsanak Sa-Kampuang dengan Selalu Merawat Rajutan Tali Silaturahmi”.

HBH tersebut cukup membuat macet Jl.Jati Baru Bandar Bakali Kota Padang, khususnya di area Gedung Serbaguna Guna PKPS. Meski Bupati Pessel hanya diwakili, namun para tokoh perantau Pessel yang hadir tetap bersemangat mengikuti acara HBH dari awal hingga akhir.

HBH organisasi Rang Pasisia yang merupakan kolaborasi PKPS Sumbar dan PWPS itu seakan dirindukan para perantau yang hadir. Seperti terlihat para wanita Pessel yang hadir menyuguhkan gulai ikan karang dan makanan khas Pasisia lainya kepada peserta HBH.

BACA JUGA  UAS: Masjid Salah Satu Cara Umat Islam Jalin Silaturahmi 

Dalam sambutan Ketua DPD PKPS Sumbar, H Budi Syukur SH Dt Bandaro Jambak dan sambutan Ketua PWPS, Dr. Mairawita Marlis Rahman, MSi mengapresiasi kehadiran para tokoh perantau Pessel dan anggota Dewan Penasehat, Pengawas dan Dewan Pakar DPW PKPS dan PWPS, sehingga silaturahmi antar sesama perantau Pessel di Kota Padang terjalin dengan baik.

Sementara Penceramah HBH disampaikan Dr Ahmad Kosasih, yang mengupas makna halalbihalal, dimana para perantau Pessel melaksanakan tradisi halalbihalal lebih dari sekadar saling memaafkan, tetapi mampu menciptakan kondisi di mana persatuan di antar-perantau Pessel tercipta untuk peneguhan kebersamaan.

“Sebab itu, halalbihalal yang digelar PKPS Sumbar dan PWPS tidak sekadar ritual keagamaan, tetapi juga kemanusiaan, kebangsaan, dan tradisi yang positif karena mewujudkan kemaslahatan bersama,” ujar Kosasih, yang sehari-hari jadi akademisi itu.

BACA JUGA  Irwan Basir jadi Saksi Nikah Pasangan Ilham Saputra - Miming Putri Ningsih.

Sekilas tanggapan terhadap kegiatan HBH PKPS Sumbar dan PWPS ini disampaikan, Ali Amran Abbas selaku tokoh masyarakat Pessel dan mantan Ketua IMPPS dan IKPS dimasanya menyatakan sangat bangga dengan persatuan masyarakat perantau Pessel.

Alhamdulillah para perantau sudah datang bertatap muka dan bersilaturahmi dalam rangka halalbihalal. Semoga menjadikan pijakan bagi kita untuk menatap kemajuan Pessel yang lebih baik dan unggul di masa mendatang,” pungkas Ali Amran Abbas yang saat ini akan bersiap untuk kontetasi Pilkada Pessel 2024.

Comment