Budaya

Hebat, Semen Padang Berpeluang jadi Memori Kolektif Bangsa

311
×

Hebat, Semen Padang Berpeluang jadi Memori Kolektif Bangsa

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Dewan Pakar MKB ANRI, M, Taufik, saat koordinasi dengan manajemen PT Semen Padang di Ruang Rapat Lantai III Kantor Pusat PT Semen Padang.Ist

Maka dari itu, kata M. Taufik, verifikasi arsip ini menjadi sangat penting. Tidak hanya sekedar untuk program MKB saja, tetapi bagaimana arsip yang diverifikasi ini ke depannya dapat menjadi suatu data dan informasi yang harus ditingkatkan menjadi knowledge kepada masyarakat.

“Artinya, warga Padang, khususnya di lingkungan Semen Padang, harus tahu bagaimana tiga dimensi (masa lalu, masa kini dan masa datang) perkembangan Semen Padang itu dari arsip. Karena, arsip adalah bukti akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri saat menyambut rombongan Dewan Pakar MKB ANRI di Ruang Rapat Lantai III Kantor Pusat PT Semen Padang menyampaikan bahwa pihaknya sengaja mengajukan arsipnya untuk dijadikan MKB, karena PT Semen Padang merupakan industri semen pertama di Asia Tenggara.

BACA JUGA  PKPS Sumbar Siapkan Organisasi IMAPES yang Solid, Budi Syukur: Selamat Bermubes IMAKAB Batang Kapas

Untuk itu, jika nantinya arsip PT Semen Padang telah diakui sebagai MKB, maka tidak tertutup kemungkinan arsip PT Semen Padang akan dijadikan sebagai tempat untuk kunjungan oleh berbagai pihak, bukan hanya oleh industri semen saja, tapi juga oleh industri lain atau pun kunjungan dari akademisi.

“Kami berharap hasil verifikasi ini dapat memberi semangat buat kami sebagai industri semen yang diakui paling senior atau sebagai founder dari budaya beton di Asia Tenggara. Semoga, verifikasi ini dapat menjawab keinginan kami,” kata Oktoweri.(Bdr)

Comment