Budaya

Hebat, Semen Padang Berpeluang jadi Memori Kolektif Bangsa

300
×

Hebat, Semen Padang Berpeluang jadi Memori Kolektif Bangsa

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Dewan Pakar MKB ANRI, M, Taufik, saat koordinasi dengan manajemen PT Semen Padang di Ruang Rapat Lantai III Kantor Pusat PT Semen Padang.Ist

PADANG – Wakil Ketua Dewan Pakar Memori Kolektif Bangsa (MKB) yang juga Arsiparis Utama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik, menyampaikan bahwa Arsip PT Semen Padang berpeluang untuk ditetapkan sebagai MKB. Karena, PT Semen Padang dari dulu sudah menerapkan sistem manajemen kearsipan yang telah mendapatkan akreditasi A dari ANRI.

“Insya Allah ada peluang (Arsip Semen Padang) untuk dijadikan MKB. Karena, semuanya sangat komit dengan kearsipan. Jadi, tidak ada alasan Arsip Semen Padang untuk tidak ditetapkan atau diregister menjadi MKB,” kata M. Taufik usai memverifikasi dan koordinasi penominasian Arsip PT Semen Padang sebagai MKB, Jumat (5/5/2023).

M. Taufik juga mengatakan kalau ada yang kurang dari verifikasi yang dilakukan pihaknya ke Arsip PT Semen Padang, itu hanya hal-hal yang masih perlu untuk dilengkapi. Dan, itu adalah hal-hal yang menjadi persyaratan tambahan saja. “Kurang lebih begitu,” ujarnya.

BACA JUGA  Rawan Gesekan, Begini Cara Anak Nagari Pauh IX Merawat Silaturahmi Saat Pilgub

Selain M. Taufik, verifikasi itu juga melibatkan Pustakawan Ahli Utama, Sri Sumekar, serta Arsiparis Ahli Madya, Muhammad Haris Budiawan, dan Arsiparis Ahli Pertama, Bening Tri Hanggoro. Verifikasi pun dimulai dengan mengunjungi Kantor Arsip PT Semen Padang.

Dalam verifikasi tersebut, Dewan Pakar MKB memverifikasi sekitar 36 berkas Arsip PT Semen Padang dari tahun 1907-1972. Masing-masing berkas terdiri 10-20 lembar yang berisikan tentang perencanaan pembangunan pabrik dari 1907 sampai mulai dibangun pada tahun 1910, hingga berkas arsip tahun 1972.

Lebih lanjut M. Taufik menyampaikan bahwa kedatangannya ke PT Semen Padang selain untuk memverifikasi MKB terhadap arsip masa lalu, masa kini dan masa depan yang diregister melalui program MKB, pihaknya juga mendukung bahwa PT Semen Padang adalah suatu kebanggaan nasional.

BACA JUGA  Produk UMKM Masyarakat Nagari Padang Gantiang Ramaikan Stand Festival Pesona Nagari Tuan Khadi

Oleh karena itu, penguatan-penguatan dari pendekatan kearsipan di PT Semen Padang harus terus dilakukan, sehingga arsipnya ketika dijadikan sebagai tata kelola dan akuntabilitas dari kinerja PT Semen Padang, dapat tergambar sebagai sebuah informasi perjalanan PT Semen Padang dari sebuah perkembangan zaman yang harus dijaga bersama.

Comment