Ekonomi

Batik Sampan Bisa jadi Sektor Utama untuk Pengembangan Ekonomi Daerah Pariaman

227
×

Batik Sampan Bisa jadi Sektor Utama untuk Pengembangan Ekonomi Daerah Pariaman

Sebarkan artikel ini

Wagub mengungkapkan batik yang ada di Sumbar (Batik Tanah Liek) salah satu produk unggulan yang sudah ternama memiliki filosofi dengan ciri khas daerah masing-masing di Sumbar, tetapi Batik ‘Sampan’ juga mempunyai corak yang unik dan berbeda dengan menggunakan bahan yang berbeda pula.

“Untuk itu kita perlu memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, agar kita tidak ketinggalan dalam memproduksi dan pemasaran dengan memanfaatkan sistem digital,” tutur Nasrul Abit.

Katanya, Pemko Pariaman harus bisa memanfaatkan Batik Sampan sebagai simbol daerah Contohnya pada ASN Pemko Pariaman bisa menggunakan pakaian Batik Sampan pada hari-hari tertentu, dengan cara itu kita bisa langsung mempromosikan hasil daerah kita,” jelasnya.

BACA JUGA  Danlantamal II Hadiri Penyerahan Bantuan Rendang untuk Korban Erupsi Semeru

Tambah Wagub, dalam pengelolaan Sala lauak makanan khas Kota Pariaman, perlu dilakukan inovasi produk sala lauak dari segi rasa maupun bentuknya guna meningkatkan mutu dan diversifikasi dari hasil produk sala tersebut.

“Sala lauak salah satu khas Pariaman dari sekian banyak makanan khas pariaman lainya, kegiatan ini sangat perlu agar menjaga rasa dan inovasi dari sala lauak itu sendiri, dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” imbaunya.

Ia berharap melalui pengembangan dan inovasi produk sala, kemudian bagaimana nantinya produk sala lauak ini lebih baik, bisa juga dipesan melalui tehnologi digital dan bisa go-nasional bahkan bisa sampai ke luar negeri, sehingga dapat dinikmati oleh semua orang seperti rendang .

BACA JUGA  Munas ke-3, Budi Syukur : Dipimpin Ilham Habibie ISMI Menuju Saudagar Emas 2045

“Kita berharap dengan produk sala yang menjadi icon Kota Pariaman ini, dapat menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman, ” ujarnya.

Walikota Pariaman Genius Umar juga sependapat untuk memperkenalkan produk unggulan seperti Batik Sampan harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi, dengan melalui promosi berbagai media terutama media digital lebih efektif, lebih murah dan lebih cepat dibandingkan media konvensional.

“Sesuai dengan tema kita hari ini yaitu ‘Akselerasi Pengembangan Industri Kreatif, Menyambut Industri 4.0’ pada acara Pariaman Expo 2019 merupakan kalender event tahunan yang sekaligus memeriahkan Hut Kota Pariaman yang ke-17 tahun dengan mempromosikan produk unggulan,” ungkap Genius.

BACA JUGA  21 Warga Miskin di Kota Padang Dapat Bantuan Bedah Rumah dari UPZ Baznas Semen Padang

Comment