Ekonomi

Munas ke-3, Budi Syukur : Dipimpin Ilham Habibie ISMI Menuju Saudagar Emas 2045

266
×

Munas ke-3, Budi Syukur : Dipimpin Ilham Habibie ISMI Menuju Saudagar Emas 2045

Sebarkan artikel ini

SEMARANG — Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) baru saja melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) ke-3 di Semarang, 27-29 Oktober 2023.

ISMI didirikan oleh 4 ormas besar yaitu Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta pada tanggal 18 Desember 2012. Sebagai institusi perkumpulan saudagar muslim di seluruh Indonesia. Tidak hanya sebagai organisasi ISMI juga merupakan kebutuhan dalam kancah da’wah bil hal membangun perekonomian dan kesejahteraan umat, bangsa dan negara.

“ISMI berdiri dengan tujuan untuk memajukan ekonomi umat Islam. Agar ekonomi umat bisa maju para pengusaha muslilm harus bersatu. Anggota ISMI adalah para pengusaha atau saudagar muslim,” kata Ketua Umum ISMI, Ilham Akbar Habibie dalam sambutannya dalam pembukaan Munas di Hotel Pandanaran, Jumat, 27 Oktober 2023.

BACA JUGA  Inflasi Membaik, Waspadai Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Libur Nataru 2024

Diakui Ilham, membangun ISMI ini penuh perjuangan. Lima tahun pertama kehadiran ISMI di Indonesia fokus membangun fondasi organisasi, sehingga keberadaannya belum begitu terlihat di mata umat. Baru pada lima tahun kedua eksistensinya mulai tampak.

“Perkembangan ISMI pada lima tahun kedua ini luar biasa. Sekarang ISMI sudah terdapat di 24 provinsi, kami sebut organisasi wilayah. Insya Allah akan terus diperluas ke 38 provinsi,” kata Ilham.

Ilham mengharapkan kehadiran ISMI memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha anggota sehingga maju dan berkembang. Kemudian juga memajukan ekonomi daerah dan bangsa ke depan. Anggota ISMI harus saling berkolaborasi menuju saudagar Emas 2045.

Sejalan dengan gagasan tersebut sehingga Munas ke-3 ISMI ini mengangkat tema “Melalui digitalisasi, hilirisasi dan rekalokal menuju Saudagar Emas 2045”.

BACA JUGA  Rakor Percepatan Data Kerusakan Rumah Pasca Gempa, Wabup Risnawanto Beri Tenggang Waktu 3 Hari

Ketua Dewan Pembina ISMI, Arif Satria, juga Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang menjadi pembicara kunci dalam agenda Munas ke-3 ISMI tersebut menyampaikan bahwa, pemanfataan dan transformasi digital usaha adalah keniscayaan.

Begitupun dengan pembangunan ekonomi di tingkat lokal. Istilah Rekalokal yang digaungkan oleh ISMI bermakna, bahwa sumberdaya lokal harus direkayasa menjadi kekuatan ekonomi nasional. Rekalokal harus ditopang dengan kreatifitas, inovasi dan transformasi digital.

Comment