Peristiwa

Pemko dan BPOM Bukittinggi Siapkan Program Desa Pasar dan Jajanan Aman Berbasis Komunitas

76
×

Pemko dan BPOM Bukittinggi Siapkan Program Desa Pasar dan Jajanan Aman Berbasis Komunitas

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI – Wali Kota Bukittinggi melalui Sekretaris Daerah membuka forum Advokasi Komitmen Pemerintah Daerah dan Lintas Sektor Terkait Prioritas Nasional Program Desa Pangan Aman dan Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman. Kegiatan ini berlangsung dihotel santika, kamis (18/04/2024).

Wali Kota Bukittinggi melalui Sekretaris Daerah, Martias Wanto, menyampaikan , apresiasi untuk kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Payakumbuh ini, karena kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi masyarakat dan sekolah dalam meningkatkan kewaspadaan kita dalam keamanan pangan.

“Program ini perlu didukung dan disukseskan agar masyarakat dan sekolah-sekolah bisa menerapkan pengawasan pangan dan jajanan anak usia sekolah yang aman dilingkungan masing-masing. Sekuat tenaga kita juga berlomba dengan waktu. Kerusakan yang ditimbulkan oleh makanan yang tidak sehat akan merenggut nasib masa depan anak bangsa. Maka kita berlomba dengan waktu untuk melakukan pencegahan hal tersebut dan kita mengapresiasi BPOM yang konsisten melakukan pencegaha,” ujarnya.

BACA JUGA  Bantuan BNPB Tahap Dua, 4.000 APD dan  Masker Sudah Mendarat 

Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan Kota Payakumbuh, Iswadi menjelaskan, Program Prioritas Nasional (Pro-PN) Keamanan Pangan yang akan dilakukan terdiri dari Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) yang bertujuan memberdayakan masyarakat terutama komunitas pasar agar dapay berdaya dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan kepada komunitas pasar, meliputi, petugas pengelola pasar, pedagang pasar dan konsumen dipasar.

“Desa Pangan Aman ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sampai pada tingkat perseorangan dan meningkatkan ekonomi desa. Serta Program Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) Aman yang bertujuan agar sekolah memiliki komitmen dalam menerapkan keamanan pangan dengan menanamkan pengetahuan dan pemahaman akan keamanan pangan pada komunitas sekolah serta mendorong kemandirian komunitas sekolah dalam mewujudkan budaya pangan aman yang baik sehingga dapat melindungi dirinya dari pangan yang tidak aman dan membahayakan kesehatan,” ujarnya.

BACA JUGA  Udara Panas Ruang Kelas SMAN 1 Bukittinggi Ganggu PBM

Comment