Pendidikan

Upertis Berkolaborasi dengan UiTM Malaysia Gelar PKM Internasional di Batipuh Selatan

145
×

Upertis Berkolaborasi dengan UiTM Malaysia Gelar PKM Internasional di Batipuh Selatan

Sebarkan artikel ini

TANAHDATAR, —Universitas Perintis Indonesia (Upertis) berkolaborasi dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional di Batipuh Selatan Kabupaten Tanahdatar.

Disampaikan Ketua Panitia PKM Internasional Upertis Prof Dr Suryani, MSi, kegiatan ini diikuti 470 orang mahasiswa Upertis, 9 orang mahasiswa UiTM, 67 orang dosen Upertis, dan 1 orang dosen UiTM.

“Sebenarnya PKM Internasional ini telah mulai dilaksanakan pada bulan Februari lalu, dan secara berkesinambungan kegiatan ini nantinya sampai bulan Juli 2024,” terang Prof Suryani.

Kemudian, Selasa (30/4/2024), bertempat di Kantor Camat Batipuh Selatan, dilaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Batipuh Selatan.

Pada kesempatan itu, hadir Reni Rahmawaty SE MM yang mewakili Yayasan Perintis Padang, Rektor Upertis Yendrizal Jafri, SKep, MKep, Dosen UiTM Muhammad Fuad, dan Ketua PMPKL Ns Falerisiska Yunere, MKep. Sementara dari tuan rumah hadir Sekcam Batipuh Selatan Ayani.

BACA JUGA  Dalam Peringati HUT TNI ke 76, Danlantamal II Hadiri Ziarah Nasional ke TMP Lolong 

Pada penyuluhan ini, sebut Prof Suryani, dari Prodi Bisnis Digital diwakili oleh Rafnelly Rafki, SH, SE, MM, MKn, yang memberikan materi tentang bisnis digital, yakni tentang pemasaran online dengan judul; Konsep Promosi untuk Pengembangan Produk UKM di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar.

Rafnelly Rafki menjelaskan tentang bisnis yang berpotensi dikembangkan sesuai dengan sumber daya alam di Kecamatan Batipuh Selatan, seperti dodol sawo, keripik pisang cokelat lumer, brownis alpukat dan VCO (Virgin Coconut Oil).

“Pada saat penyuluhan dipertunjukkan produk-produk tersebut, yang dibuat oleh Tim PKM dosen Upertis,” ujar Prof Suryani.

Kemudian penyuluhan lainnya oleh dosen dan mahasiswa Upertis dari 11 Prodi, serta dosen dan mahasiswa UiTM Malaysia. Di antara penyuluhan tersebut, yakni; Citizen Journalism pada Masyarakat Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanahdatar yang diberikan oleh Dani Prayoga, MIKom (Ilmu Komunikasi).

BACA JUGA  Makmurkan Masjid Tawakkal, Deny Satriadi Datangkan Ustad Terkenal

Terus, Pelayanan Informasi Obat dan Edukasi untuk Pasien Penyakit Diabetes Melitus di Kabupaten Tanah Datar oleh Apt, Dr Eka Fitrianda, MFarm (Profesi Apoteker), Tuberkulosis Paru dalam Rangka Pencegahan Penularannya pada Masyarakat di Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar oleh Dra Endang Suriani, MSi (TLM D3).

Comment