Umum

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Jaga Habitat Harimau Sumatera dari Perburuan dan Perdagangan

151
×

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Jaga Habitat Harimau Sumatera dari Perburuan dan Perdagangan

Sebarkan artikel ini

Dengan berbagi ruang hidup yang dimaksud dapat memperlakukan satwa di habitatnya dengan arif. Sejak adanya rumusan Strategi Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera (SRAK HARIMAU) yang lalu sudah mengalami kemajuan bagi populitas Harimau Sumatera.

“Untuk itu, melalui forum konsulatasi ini, kita bisa menghasilkan rencana aksi yang lebih mendalam dengan melibatkan berbagai komponen baik oleh Pemerintah Republik Indonesia, pemerintah daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) , perguruan tinggi, swasta dan masyarakat,” tutur Indra Exploitasia.

Di dalam keenam bentang alam pemerintah KLHK menetapkan target peningkatan populasi harimau sumatera menjadi dua kali lipat pada tahun 2022 dan
mencanangkan peningkatan ukuran populasi hingga 10 persen pada tahun 2019 pada empat taman nasional, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser, Kerinci Seblat, Berbak Sembilang dan Bukit Barisan Selatan.

BACA JUGA  Polres Solsel Serahkan 3.000 Al Quran  untuk Seluruh Rumah Tahfiz di Solsel

Berbagai upaya konservasi harimau sumatera dan habitatnya telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia beserta para mitra kerjanya, diantaranya adalah dengan membentuk Tim Koordinasi Penaggulangan Konflik Satwa dan Manusia melalui keputusan Gubernur.

“Seperti kita ketahui harimau Sumatera adalah merupakan salah satu spesies endemik yang ada di Indonesia terutama di Sumatera yang merupakan satu dari 25 spesies yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia,” ucap Indra

“Kita tahu bahwa beberapa spesies harimau yang ada di Indonesia dua diantaranya harimau Jawa dan harimau bali sudah dinyatakan punah tinggal harimau sumatera,” jelasnya.

Direktur KKH meminta dikalangan insan terkait berbagi informasi apabila menemukan kembali spesies harimau Jawa dan Bali tersebut

BACA JUGA  Lantamal II Mulai Suntik Booster Prajurit dan Vaksin Murid SD

“Selama ini kita ketahui bahwa harimau jawa akhir-akhir ini juga mendapatkan pemberitaan bahwa ditemukan di beberapa lokasi hutan jawa, untuk itu kami juga ingin berbagi informasi di sini,” ujarnya.

Apabila memang benar bahwa Harimau Jawa masih ada ini merupakan suatu prestasi luar biasa bagi bangsa Indonesia bahwa kita mampu untuk mempertahankan spesies tersebut dan kita untuk bisa membuktikan bahwa spesies tersebut tidak punah.

Comment