Ekonomi

Pengangguran Berpendidikan Didominasi Tamatan SMA Capai 1,65 Juta

227
×

Pengangguran Berpendidikan Didominasi Tamatan SMA Capai 1,65 Juta

Sebarkan artikel ini

Ditambahkan Syamsi, model SDC ini merupakan hasil pengembangan konsep yang disepakati Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian, Bappenas dan KADIN Indonesia. Kekuatan SDC terletak pada kebersamaan semua unsur terkait menciptakan sinergi yang kokoh dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan di daerah. SDC diharapkan dapat menjadi ujung tombak bagi upaya pemerintah dalam meningkatkan partisipasi angkatan kerja melalui pendekatan bottom up dan untuk itu SDC dirancang dapat melaksanakan lima fungsi. Yaitu: pelatihan, pemagangan, uji kompetensi, sertifikasi, dan penempatan angkatan kerja.

Tahun 2018, Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Bappenas telah melakukan pengembangan proyek percontohan Skill Development Center (SDC) di 6 (enam) wilayah yaitu Jawa Tengah (Surakarta), Banten (Serang), Sulawesi Selatan (Makassar), Jawa Timur (Singosari), Sumatera Utara (Medan), Kalimantan Timur (Samarinda) serta telah dilakukan sosialisasi dan kajian di 14 (empat belas) lokasi di tahun 2018.

Untuk mendorong dan mempercepat pembentukan dan operasionalisasi SDC di daerah, pada tahun anggaran 2019 Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas mengalokasikan anggaran operasional SDC untuk 17 (tujuh belas) lokasi UPTP dan 3 (tiga) lokasi UPTD.

Apresiasi pada Pemprov Sumbar dan Pemko Padang telah dikukuhkan Tim SDC sebagai wadah semua steakholder untuk bekerja secara bersama-sama dalam mengurai kasus pengangguran. Hal ini tentunya sebagai motivasi untuk daerah lainnya kota dan kabupaten di Sumbar agar bisa segera melakukan proses Pembentukan Tim SDC.
Besar harapan saya, melalui Kegiatan Sosialisasi SDC ini ke 18 Pemda Kota & Kabupaten di Sumbar ini, seluruh dapat terbentuk Tim SDC sebagai solusi untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan masyarakat, menanggulangi masalah pengangguran serta meningkatkan daya saing tenaga kerja di Sumbar Barat. (rjk)

BACA JUGA  Sumbar Digempur Ritail Besar, Alfamart dan Indomaret Masuk dengan Nama Lain

Comment