Peristiwa

Pemerintah Reaktifasi Sejumlah Jalur Rel KA di Sumbar

318
×

Pemerintah Reaktifasi Sejumlah Jalur Rel KA di Sumbar

Sebarkan artikel ini
Gubernur Irwan Prayitno saat menggelar rapat bersama Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri bersama jajaran di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (2/4).ist
Gubernur Irwan Prayitno saat menggelar rapat bersama Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri bersama jajaran di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (2/4).ist

PADANG –
Gubernur Irwan Prayitno bersama menggelar rapat kerja bersama Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri bersama jajaran di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (2/4/2019). Rapat tersebut menindaklanjuti kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI Budi Karya pada (22/3/2019) ke Sumbar, dimana saat itu dibicarakan tentang proyek reaktifasi kereta api (KA) di Sumbar,

“Rapat ini membahas detail program reaktifasi KA di Sumbar. Kemenhub sudah mempunyai blueprint rencana pembangunan dan mengaktifkan kereta api di Sumbar” terang Irwan. Dalam rapat itu, Irwan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi.

Setelah peresmian stasiun dan jalur reaktifasi di Nareh, Pariaman dan Peresmian stasiun BIM tahun lalu oleh Presiden RI, juga akan dilaksanakan reaktifasi jalur KA dari Simpang Haru ke Pulau Aie pada Mei tahun ini.

BACA JUGA  Wako Erman Safar: Program Vaksinasi di Bukittinggi Sangat Menggembirakan

“Peningkatan jalur KA ini sudah dianggarkan, maka untuk jalur ini, minggu depan Pemprov, Pemkot Padang, kementerian Perhubungan dan PT. KAI serta instansi terkait akan duduk bersama, yang di fokuskan pada pembebasan dan penertiban lahan” sebutnya.

Selain jalur Simpang Haru ke Pulau Aie, dikatakannya tahun ini juga akan dilakukan reaktifasi rel jalur lainnya, yaitu dari Nareh ke Sungai Limau, Padang Pariaman.

“Dengan reaktifasi ini jalur untuk KA Sibinuang semakin panjang. Ini sesuai dengan harapan masyarakat dan juga Pemda, yang nantinya bukan hanya untuk keperluan transportasi harian masyarakat, namun juga untuk mendukung Pariwisata dan Perdagangan” ungkap Irwan.

Sedangkan untuk jalur Padang Panjang ke Bukittinggi, di tahun ini juga ada peningkatan rel kereta api secara bertahap. “DED sudah siap dibuat, yang diperlukan sekarang rapat bersama pemkab Tanah Datar, Agam, Pemko Bukittinggi dan instansi terkait untuk membicarakan tahapan pekerjaan yang perlu dilasanakan” ungkapnya.

BACA JUGA  SDN 04 Garegeh Bukittinggi Raih Juara 3 Lomba Tari Kreasi di Ajang FLS2N

Program reaktifasi di Kota Padang, selain jalur Simpang Haru ke Pulau Aie juga akan menyentuh jalur ke Bukik Putuih, Taluak Bayua. Ke semua jalur tersebut akan dilalui oleh KA Sibinuang dan nantinya juga KA ke Bandara, sehingga ke Bandara bisa dari Indaruang, Pulau Aie dan Bukik Putuih Taluak Bayua.

Comment