Peristiwa

Gowes Nusantara 2019, Kemenpora Kampanyekan mari Bersepada di Padang

165
×

Gowes Nusantara 2019, Kemenpora Kampanyekan mari Bersepada di Padang

Sebarkan artikel ini
Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta saat diwawancarai awak media, Minggu (31/3) usai melepas Gowes Nusantar 2019.
Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta saat diwawancarai awak media, Minggu (31/3) usai melepas Gowes Nusantar 2019.

 

PADANG-Ribuan pesepeda dari berbagai komunitas dan perorangan mengikuti sepeda santai bertajuk Gowes Nusantara 2019, Minggu (31/3/2019) dengan start di Gor H Agussalim, Padang. Kegiatan itu diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Rute Gowes Nusantara 2019 di Padang, Start Gor H Agus Salim – Khatib Sulaiman – Ulak Karang – Pantai Padang – Batang Arau – Ganting – Simpang Haru – Jati – Sudirman – Finish Gor H Agus Salim.

Deputi III Kemenpora Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mengungkapkan, program Gowes Nusantara ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi olahraga bersepeda di tengah masyarakat. Apalagi, kegiatan ini akan dilaksanakan di 50 kabupaten dan kota di Indonesia.

BACA JUGA  Pedang Pora Warnai Wisuda Purnabakti, Kapolda Lepas 24 Pesonel Pensiun

“Kita akan adakan di 50 kabupaten dan kota di Indonesia, Kota Padang sebagai daerah pertama titik awal Gowes Nusantara 2019, sedangkan puncak Gowes Nusnatara 2019 itu pada 9 September 2019 bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas),” ujarnya saat melepas peserta didampingi Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Kadispora Sumbar, Adib Alfikri, Ketua DPRD Padang, Elly Thrisyanti, dan Plt Kadispora Padang, Al Amin serta jajaran terkait.

Selain itu tuturnya, dengan adanya Gowes Nusantara akan mengenalkan destinasi wisata yang ada didaerah tersebut. Pengunjung yang datang dari daerah lain akan dapat menikmati objek pariwisata yang ada pada daerah tuan rumah.

“Gowes ini akan melewati berapa destinasi wisata, tentunya akan menarik perhatian orang untuk berkunjung ke Padang nantinya,” ungkapnya.

BACA JUGA  Gempa 5,7 Mag Goncang Kota Padang, Warga Panik dan Berhamburan

Selain itu, dengan mengkampanyekan gerakan bersepeda di daerah. Bagaimana masyarakat lebih memilih tranportasi sepeda dari kendaraan bermotor. Sehingga nanti kedepannya pemerintah daerah dapat menyediakan akses bersepeda kepada masyarakat karena saat ini masih minim layanan bagi pesepeda.

“Kita tengah mengerakan bersepeda ke sekolah ke tempat kerja. Ini akan mengurangi resiko polusi udara. Namun, akses pesepeda ini masih minim dibeberapa daerah, ini yang akan kita dorong agar daerah sediakan akses bagi pesepeda agar mereka merasa aman dijalan, karena saat ini mereka takut bersenggolan dengan kendaraan bermotor,” katanya.

Comment