Peristiwa

Generasi Muda Harus Tahu, Perekonomian Indonesia Sangat Baik

269
×

Generasi Muda Harus Tahu, Perekonomian Indonesia Sangat Baik

Sebarkan artikel ini
Staf Khusus Presiden Bidang Perekonomian, Prof Ahmad Erani Yustika memberikan pemaparan kondisi perekonomian Indonesia empat tahun terkahir, di Universitas Baiturahmah Sabtu (30/3/2019).ist
Staf Khusus Presiden Bidang Perekonomian, Prof Ahmad Erani Yustika memberikan pemaparan kondisi perekonomian Indonesia empat tahun terkahir, di Universitas Baiturahmah Sabtu (30/3/2019).ist

PADANG -Staf Khusus Presiden Bidang Perekonomian, Prof Ahmad Erani Yustika memastikan fundamental ekonomi bangsa dalam kondisi baik dengan curva yang cendrung naik. Hanya beberapa komponen perekonimian saja yang perlu ditingkatkan.

Demikian disampaikannya pada Seminar Nasional Refleksi Ekonomi Indonesia Sabtu (30/3/2019) dihadapan ribuan mahasiswa Baiturahmah, di Auditorium Baiturahmah. Ahmad Erani Yustika mengambil tema ‘Berselancar Diatas Ombak’, dimana guru Besar Brawijaya ini mengumpakan perekonomian global ibar berselancar dalam ombak yang tinggi.

Dikatakannya, sejak krisis ekonomi 2008, dimana ekonomi global terjadi goncangan. Banyak negara yang berjatuhan karena krisis ekonomi. Di Asia banyak yang mengalami masalah ekonomi. China, ketahanan ekonomi bagus pada 2010 pertumbuhan ekonominya mencapai 11,5 persen, namun pada 2018 jatuh pada angka 6,5 persen.

BACA JUGA  Pemprov Sumbat Tetapkan 14 Hari Tanggap Darurat

“Dalam rentang waktu 8 tahun ekonomi china berkurang 50 persen,”paparnya.

Angka pertumbuhan ekonomi China yang dianggap memiliki fundamental ekonomi terbaik saat ini menjadi contoh lesunya ekonomi global. Dengan itu Indonesia dapat belajar pengalaman dari China. Indonesia yang pada 2010 pertumbuhan ekonominya 6,1 persen. Tahun 2018 pertumbuhan ekonominya turun menjadi 5,7 persen.

“Memang turun, tapi kita hanya 1 persen. Jika dibanding dengan China, dalam rentang waktu yang sama pertumbuhan ekonominya jatuh hingga 50 persen. Ketika negara lain turun. Kita meningkat, 4 tahun terakhir,”ulasnya.

Menurutnya, apa yang dialami dengan fundamental perekonomian Indonesia tidak terlepas dari peran pemerintah. Apa yang dikerjakan pemerintah dalam ‘ombak ekonomi yang tinggi’ sudah berada dalam trek yang bagus. Negara lain, ekonominya terus merosot.

BACA JUGA  Evakuasi Korban Banjir, PT Semen Padang Turunkan Tim Reaksi Cepat

Dikatakannya, sebuah negara akan mengalami kemajuan dari waktu ke waktu. Apa yang bagus masa lalu, harus dilanjutkan dan yang belum dikerjakan harus diujudkan. “Ada banyak kemajuan yang sudah ada sebelumnya. Berterimakasih pada pemerintahan sebelumnya. Telah melakukan hal terbaik untuk memajukan bangsa ini,”katanya.

Comment