Peristiwa

Bukittinggi Barometer Pendidikan di Sumbar

37
×

Bukittinggi Barometer Pendidikan di Sumbar

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI — Kota Bukittinggi kembali menjadi barometer pendidikan di Sumatera Barat (Sumbar). Hal ini terlihat pada hasil asesmen tingkat nasional.

Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, didapatkan hasil dari asesmen nasional itu, menunjukkan data indek Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang pendidikan Kota Bukittinggi tertinggi di Sumatra Barat (Sumbar), dengan kategori Tuntas Madya dengan nilai 81,38.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, didampingi Kepala Disdikbud, Herriman, menyampaikan, hasil asesmen tingkat nasional itu, dijabarkan, aspek literasi 91,60 dan numerasi SD 81,20 mendapat peringkat 1 di Sumbar.

Sedangkan literasi dan numerasi SMP dengan nilai 83,51 dan 90.96 peringkat 2 dan 3 di Sumbar.

BACA JUGA  Atasi Lahar Dingin Marapi, Presiden Jokowi Perintahkan Mentri PUPR Bangun 6 Sabo Dam Tahun Ini

“Untuk iklim kebinekaan SD 75,81 dan SMP 75,05 peringkat 1 dan 2 di Sumbar,” ujar Erman Safar di Bukittinggi, Rabu (8/5/2024).

Dikatakan, berdasarkan hasil asesmen ini menandakan bahwa Bukittinggi memang kota pendidikan.

Pemerintah Kota Bukittinggi, lanjut Wako, akan terus berupaya untuk meningkatkan berbagai program untuk mewujudkan Kota Bukittinggi Hebat di sektor pendidikan.

Banyak hal yang sudah dilakukan, terutama dalam memenuhi hak pendidikan bagi setiap pelajar, menyandingkan ilmu agama, adat dan budaya Minangkabau dengan materi pendidikan formal lainnya.

“Alhamdulillah, perlahan, sekarang sudah menampakkan hasil atas kebijakan dilaksanakan untuk terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bukittinggi,” tuturnya. (*/aul)

Comment