SK Pj Bupati Mentawai Belum Keluar, Undangan Pelantikan Sudah Beredar

PADANG – Pemprov Sumbar sudah mengedarkan undangan pelantikan Penjabat Bupati Mentawai. Hanya saja, hingga Sabtu (21/05/2022) Surat Keputusan (SK) dari Kementrian Dalam Negeri belum keluar.

Undangan tersebut disebarkan oleh Juru Bicara Pemprov Sumbar, Jasman Rizal Jumat (20/5) malam dalam sejumlah group media sosial. Dalam undangan tersebut Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi bakal melantik Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai besok, Minggu (22/5/2022).

Undangan pelantikan PJ Bupati Mentawai

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo mengatakan acara pelantikan dan serah terima jabatan Pj Bupati Kepulauan Mentawai oleh Gubernur Sumbar digelar di Auditorium Gubernuran pada pukul 08.30 WIB.

“Benar undangan itu sesuai dengan habis masa jabatan Bupati Mentawai, Yudas Sabagalet pada 22 Mei 2022,” katanya.

Meski begitu, hingga Jumat malam dirinya belum mendapatkan SK penunjukan PJ Bupati Mentawai tersebut. Dijadwalkan SK diserahkan pada pukul 20.00 WIB, ternyata diundur pada Sabtu (21/5) pagi.

“Sekarang saya masih di Kemendagri, belum bisa SK saya terima. Informasinya besok,”sebutnya.

Diketahui, masa jabatan Bupati Mentawai Yudad Sabagalet berakhir pada 22 Mei 2022. Mentawai tidak bisa mengadakan Pemilihan Kepala Daerah, karena harus serentak pada 2024. Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, maka Presiden melalui Mendagri munjuk Pj untuk menjalankan roda pemerintahan.

Hanya saja Undang-undang mengatur, jabatan Pj hanya maksimal 1 tahun. Oleh karena itu setelah 1 tahun dapat diganti dengan orang yang baru atau dilanjutkan oleh orang yang sama dengan SK baru.(Bdr)

Komentar