Budaya

Kemah Seniman 2021, Menunggu Lahirnya Kolaborasi Monumental dari Pelaku Seni

300
×

Kemah Seniman 2021, Menunggu Lahirnya Kolaborasi Monumental dari Pelaku Seni

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Gemala Ranti bersama Kabid Kesenian dan Diplomasi Kebudayaan, Ilfitra, Kasi Diplomasi Budaya, Vivieri Yudi menggelar jumpa pers dengan awak media, Selasa (9/11) di Kantor Dinas Kebudayaan Sumbar.

PADANG – Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan kegiatan Kemah Seniman pada 11 hingga 13 November 2021, di Lapangan Komunitas Intro, Kota Payakumbuh. Diharapkan lahirnya kolaborasi seniman yang menumental dari kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Gemala Ranti mengatakan, kegiatan kebudayaan melibatkan banyak orang, komunitas dan pihak lain. Termasuk pada kegiatan Kemah Seniman nanti.

Kegiatan Kemah Seniman nanti merupakan yang pertama kali dilaksanakan sejak Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar berdiri.

“Sejak Dinas Kebudayaan Sumbar berdiri belum sempat dilaksanakan. Kita berupaya melibatkan seniman dari berbagai seni pada Kemah Seniman nanti,” harap Gemala, saat memberikan keterangan pers kepada awak media, Selasa (9/11) di Kantor Dinas Kebudayaan Sumbar.

BACA JUGA  Puluhan Perguruan Silek di Padang Pariaman Dukung Nasrul Abit Jadi Gubernur

Gemala berharap, kegiatan ini membuka ruang untuk besilaturahminya para seniman. Sehingga, melalui silaturahmi nantinya seniman bisa saling bekerjasama. Bagi yang tidak lagi berkarya bisa saling mengungkit kembali niat untuk berkarya dan berkolaborasi dengan banyak pihak..

Gemala menambahkan, kegiatan kebudayaan ke depan harus dilakukan secara kolaborasi. “Jangan hanya seniman musik menggelar kegiatan dengan melibatkan seniman musik saja. Tapi bisa berkolaborasi dengan seniman film, pertunjukan dan teather. Harus bisa berkolaborasi menjadi satu paket. Termasuk kerjasama denga perguruan tinggi untuk memulai kegiatan dengan by riset,” harapnya.

“Kita juga tidak ingin komunitas tertentu hanya libatkan komunitasnya saja,. Tetapi bisa berkolaborasi antara komunitas lainnya. Jangan yang tua dengan yang tua saja, tapi juga libatkan yang muda dan seluruh pihak. Itu yang diharapkan bisa terlaksana di berbagai kegiatan. Nah, inilah salah satu tujuan Kemah Seniman ini,” tambahnya.

BACA JUGA  Payakumbuh Helat MTQ di Tengah Pandemi, Lima Camat Bersaing Sehat Raih Juara Umum

Kemah Seniman ini, idenya sudah disampaikan kepada seniman. Mereka nantinya juga akan menjadi kurator. “Mereka begitu semangat bekerja dan banyak ingin ikut terlibat dari berbagai provinsi lainnya. Tapi dengan masa pandemi Covid-19 kita batasi 200 peserta saja,” ujarnya

Comment