Peristiwa

Gubernur Mahyeldi Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020

214
×

Gubernur Mahyeldi Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Sebarkan artikel ini
FOTO: Gubernur Mahyeldi dengan plakat Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 diserahkan Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, Rabu (13/10).ist

PADANG- Gubernur Mahyeldi Ansharullah menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020, Rabu (13/10) kategori Utama. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga secara virtual.

Pernghargaan itu diberikan, karena Pemprov Sumbar dinilai sudah mengakomodir Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam kebijakan pemerintah daerah. Selain Pemprov Sumbar, 17 kabupaten dan kota di Sumbar juga memperoleh penghargaan sama.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, ini dalam rangka kita membangun kesetaraan gender dan kesamaan hak,” ujar Gubernur Mahyeldi dihubungi, Rabu (13/10).

Dikatakannya, dengan penghargaan itu menjadi motivasi bagi Pemprov Sumbar berkomitmen lebih tinggi lagi untuk mengakomodir pengharusutamaan gender.

“Kita orang Minang sangat menghargai perempuan, secara budaya kita sudah mengakomodir pengharusutamaan gender,”ulasnya.

BACA JUGA  Pemko Bukittinggi dan UMN Gelar Tabligh Akbar Ust. Koh Dennis Lim

Dikatakannya, Pemprov Sumbar telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Sumbar dinilai berhasil dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. Sehingga, pada pelaksanaannya, mengangkat critical issue dalam program PUG.

Diantaranya, meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender.

Sumbar juga berhasil mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya (melaksanakan) strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Upaya menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan Penghargaan ini harus dipertahankan dan kami harus menjadi lebih baik lagi, terima kasih kepada semuanya,”katanya.

BACA JUGA  Pemerintah Nagari Tanjung Kecamatan Sungayang Laksanakan Musyawarah Nagari

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan apresiasi itu diberikan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan pengarusutamaan gender didalam program dan kegiatannya.

Comment