Peristiwa

Gubernur Mahyeldi Gerak Cepat, Tiga Provinsi Siap Suplay Oksigen Medis untuk Sumbar

105
×

Gubernur Mahyeldi Gerak Cepat, Tiga Provinsi Siap Suplay Oksigen Medis untuk Sumbar

Sebarkan artikel ini
Foto : Gubernur Mahyeldi menyapa pasien disela tinjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pariaman, Rabu (28/7).ist

PADANG – Guna mengatasi kekurangan oksigen medis di Sumbar, tiga provinsi jamin ketersediaan setiap saat. Jaminan tersebut disampaikan langsung oleh masing-masing gubernur daerah itu pada Gubernur Mahyeldi, Rabu (28/7).

Bahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjamin berapapun kebutuhan Sumbar. Jika dibutuhkan Pemprov Sumbar tinggal menyediakan transportasi penjemputan.

Selain Sumsel, dua provinsi tetangga lainnya, yakni Riau dan Sumatera Utara juga menyatakan kesediannya membantu pasokan oksigen untuk Sumbar.

“Tadi saya sudah komunikasi dengan Gubernur se-Sumatera secara virtual dan Alhamdulillah Provinsi Riau, Sumsel dan Sumut, akan memberikan bantuan untuk Sumbar. Bahkan Sumsel bisa memberikan berapapun yang diperlukan, tinggal kita lagi yang menjemput. Tadi sudah saya minta langsung dinas terkait, seperti perdagangan, perhubungan dan BPBD untuk memfasilitasi ini,” ungkap Mahyeldi, disela tinjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Pariaman, Rabu (28/7) dirilis Dinas Kominfotik Sumbar.

BACA JUGA  Duabelas Hari Melawan Covid-19, Mantan Wagub Sumbar Nasrul Abit Meninggal Dunia

Atas bantuan dari provinsi tetangga tersebut, Gubernur menyampaikan terima kasih sudah bersedia memberikan oksigen kepada Provinsi Sumbar karena Sumbar ini sangat kekurangan oksigen. Bantuan ini kata Mahyeldi, akan menyelamatkan ribuan jiwa pasien COVID-19 di Sumbar yang tersebar di 19 kabupaten/kota.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi menyebut, Pemprov Sumbar juga mengambil langkah strategis dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Oksigen Sumbar yang akan fokus pada persoalan oksigen. Termasuk juga untuk mengatur rencana penjemputan bantuan oksigen dari provinsi tetangga.

“Untuk oksigen, supply kita memang kurang, bukan kita saja. tapi hampir seluruh daerah, khususnya di Jawa. Jadi langkah kita adalah akan siapkan Satgas Oksigen Sumbar, tinggal menunggu SK saja dan koordinatornya Pak Sekda,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Arry Yuswandy.

BACA JUGA  Data Harian Covid-19 Sumbar, Jumlah Sembuh Lebih Banyak dari yang Terkonfirmasi

“Saat ini kebutuhan kita 500 ribu kubik perbulan. Tapi seiring dengan penambahan fasilitas isolasi covid di Asrama Haji Padang dan Rumah Sakit Paru Padang Pariaman, kebutuhan tentu juga meningkat. Jadi kita terus menghitung berapa kebutuhan real kita, apalagi masih banyak fasilitas rujukan Covid-19 yang belum memberikan datanya,” ungkap Arry.

Comment