Pendidikan

Pejabat Eselon III Miliki Peran Penting Wujudkan Pencapaian Visi dan Misi Pemuda

295
×

Pejabat Eselon III Miliki Peran Penting Wujudkan Pencapaian Visi dan Misi Pemuda

Sebarkan artikel ini

PADANG — Wakil Gubernur Sumbar Drs Nasrul Abit membuka secara resmi Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan X Pola Kontribusi Bagi Pejabat Administrasi se Sumbar di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kamis (11/07/2019).

Wagub Nasrul Abit mengatakan, pelaksanan Diklatpim III pola kontribusi merupakan salah satu usaha untuk peningkatan kapasitas aparatur dalam penyelenggaraan pelayanan publik khususnya bagi pejabat eselon III yang memiliki peranan yang sangat penting dalam mewujudkan pencapaian visi dan misi khususnya di lingkungan pemerintah daerah.

“Mereka memiliki peran yang besar dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat yang punya integritas, profesional, netral, bebas dari intervensi politik dan bersih dari pratek korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Nasrul Abit.

BACA JUGA  BBPPMPV BBL Gelar Rakor Penyelarasan Kurikulum, Bahan Ajar Geomatika dan Geospasial Serta Energi Terbarukan

Pejabat Struktural Eselon III haruslah memiliki kompetensi kepemimpinan taktikal serta mampu melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya. Semua itu dapat terwujud jika pejabat struktural tersebut mampu menetapkan area dan fokus perubahan.

Pada sistem manajemen kepegawaian eselon III menjadi pemimpin yang taktikal saja tidaklah cukup, yang dibutuhkan adalah seorang pemimpin yang inovasi.

“Namun dengan kondisi saat ini kita belum mampu secara efektif dan efisien dalam percepatan pembangunan, disebabkan masih lemahnya kemampuan dalam menuangkan visi negara baik pemerintah pusat maupun daerah di dalam kebijakan strategis, termasuk lemahnya kapasitas dalam memimpin,” jelasnya.

Nasrul Abit menegaskan, untuk mewujudkan seorang pemimpin harus memiliki karakter berintegritas tinggi, profesional, tangguh, memiliki nilai-nilai moral dan kejujuran, tanggung jawab serta memenuhi standar kompetensi.

BACA JUGA  Tim Musikalisasi Puisi MTsN 1 Padang Meriahkan Pembukaan KSM Tingkat Sumbar

“Kami berharap saudara-saudara mampu membawa perubahan di lingkungan kerja ke arah yang lebih baik, karena seorang pemimpin itu harus mempunyai tujuan yang jelas dan mempunyai kompetensi peningkatan mutu kerja yang profesional,” ungkap Nasrul Abit.

“Dengan dilandasi dengan iman dan taqwa, Insya Allah Diklatpim III yang saudara ikuti dapat meningkatkan kepemimpinan (leadership) birokrasi di sektor publik,” tambahnya.

Comment