Hukum

Nasrul Abit: Genjot Notaris Sumbar Naik Kelas ke Tipe C

269
×

Nasrul Abit: Genjot Notaris Sumbar Naik Kelas ke Tipe C

Sebarkan artikel ini

PADANG — Dalam  silaturahmi Ikatan Notaris Indonesia (INI) se-Sumbar, Wakil Gubernur Nasrul Abit mengungkapkan, saat ini jumlah Notaris di Sumbar sudah mencapai 600 orang di setiap daerah, sementara untuk Notaris Sumbar masih tipe D.

Tentu diharapkan bisa menaikan kelasnya ke kategori tipe C, kapan perlu sampai tipe A. Dan butuh waktu yang sangat panjang. Wagub meminta kepada INI yang berada di Sumbar, segera untuk mengurus secara aturan selagi bisa dinaikan ke tipe C.

Hal ini disampaikan oleh Wagub Sumbar Drs. Nasrul Abit Datuak Malintang Panai saat membuka acara silaturahmi INI se Sumbar di Hotel Mercure Padang, Rabu (3/7/2019). Dengan dihadiri oleh Ketua Umum PP INI yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Anggota Zultrisman, SH, MH, Sekretaris DKP INI Firdhonal SH, Kanwilkumham Sumbar, Kanwil ATR BPN Sumbar, Ketua Panitia HBH INI dan IPPAT Sumbar Novrial Bahrun SH, MKn dan Para notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) ada sekitar 270 Notaris/PPAT plus ALB saling bersilahturahmi.

BACA JUGA  Pantau Secara Online, Mentri PANRB Bisa Tahu ASN yang Tak Hadir Tanpa Keterangan

“Kita berharap pihak Kemenkum dan HAM dapat mengevaluasi, kalau bisa naik secara bertahap, karena tidak mungkin kita tipe D terus. Naik dulu ke tipe C kalau bisa langsung tipe A,” kata Nasrul Abit, Rabu (3/7/2019 ).

Wagub Sumbar senang diundang dalam acara ini, sebab selama Wagub menjabat sebagai Wakil Bupati dan Bupati Pesisir Selatan selama 15 tahun, ditambah dengan sebagai Wagub baru kali ini Nasrul Abit di undang dalam silaturahmi Notaris.

Ini menandakan hubungan Notaris dengan pemerintah belum begitu bagus, silaturahminya belum terjaga dengan baik, memang secara organisasi tidak ada hubungannya, namun Notaris sangat dibutuhkan oleh pemerintah, apalagi banyak pengaduan masyarakat tentang sengketa lahan untuk pembangunan daerah.

BACA JUGA  KPK Sebut Surat Meminta Sumbangan Gubernur Mahyeldi masuk Gratifikasi

“Saya sangat senang bisa hadir disini, dengan bersilaturahmi, kita bisa tingkatkan kerjasama yang baik untuk kemajuan pembangunan Sumbar,” ucap Nasrul Abit

“Terlihat ada keharmonisan antara para Notaris/PPAT di wilayah Sumatera Barat. Ini yang kita harapkan, semoga acara ini bisa berlanjut tiap tahunnya,” tutur Nasrul Abit .

Comment