Pariwisata

Pesona Bayang Sani, Wisata Air Terjun yang Eksotik di Ranah Pasisie

380
×

Pesona Bayang Sani, Wisata Air Terjun yang Eksotik di Ranah Pasisie

Sebarkan artikel ini

Laporan: Novear Ario

PESSEL-Objek Wisata Bayang Sani merupakan satu-satunya wisata air terjun yang berada di Kecamatan Bayang yang terletak di Nagari Kotobaru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat.

Bayang Sani salah satu potensi wisata
air terjun yang menjadi ikon kabupaten Pesisir Selatan dengan membayar tiket masuk hanya Rp 5.000 saja.

Dari lokasi pembelian tiket sudah terlihat betapa indahnya pesona cipta Allah SWT, dengan mengucapkan “subhaanallah” saya terus mengagumi pesona air terjun dengan melangkahkan kaki menuju air terjun tingkat pertama.

Penulis duduk di salah satu warung dekat air terjun sambil memesan kopi hitam “bisa buekan kopi satangah ni, tapi kurang gulonyo?” (bisa bikinkan kopi setengah gelas, tapi kurang gulanya).

BACA JUGA  5 Objek Wisata Legenda di Sumatera Barat, Semua Ceritanya Bikin Meleleh

Menurut cerita pemilik warung air terjun Bayang Sani ini sudah sering dikunjungi para wisatawan dan artis, bahkan sering kembali berkunjung hanya untuk berfoto, yang merupakan tempat favoritnya.

Air terjun Bayang Sani tingkat pertama ini memiliki ketinggiannya sekitar 80 meter, terdiri dari air terjun yang bercabang tiga yang mengalir meliuk-liuk di atas bebatuan cadas, dengan lebar dan tingginya yang lebih dari 50 meter. Air Terjun Bayang Sani adalah air terjun terbesar yang berada di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Melihat keindahan, sayapun menikmati kesejukan dari air terjun tersebut dengan berenang. Tepat di bawah air terjun ini terdapat lubuk yang dimanfaatkan para wisatawan untuk berenang, karena lubuk tersebut cukup dalam dan airnya sangat jernih.

BACA JUGA  Pengunjung: Destinasi Kuliner Terbesar di Bukittinggi Sajikan Hidangan  Otentik dengan Harga Terjangkau

Setelah puas menikmati suasana air terjun di tingkat pertama ini, penulis ingin melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi air terjun tingkat kedua. Sesuai dengan cerita pemilik warung air terjun Bayang Sani ini memiliki tujuh tingkat.

Untuk mencapai ke air terjun tingkat kedua penulis meminta bantuan salah satu warga setempat untuk menemani menuju air terjun kedua, karena air terjun tersebut jarang sekali ada orang yang mengunjunginya, selain jalannya menanjak, melalui jalan setapak disemak belukar juga harus mendaki bukit sejauh kurang lebih 500 meter dengan membutuhkan waktu perjalanan ada sekitar 20 – 25 menit menuju lokasi.

Comment