Pariwisata

Ketahanan Pariwisata, Pilar Penting Ketahanan Nasional

29
×

Ketahanan Pariwisata, Pilar Penting Ketahanan Nasional

Sebarkan artikel ini

JAKARTA — Pariwisata memang menjadi salah satu pilar penting dalam ketahanan nasional suatu negara. Selain memberikan kontribusi ekonomi, sektor pariwisata juga berperan dalam diplomasi luar negeri dan geopolitik global.

“Dengan memperkuat sektor pariwisata, Indonesia dapat meningkatkan citra dan daya tariknya di mata dunia, ” demikian dikatakan Febby Dt Bangso, seorang doktor pariwisata kepada wartawan, Minggu (7/7/2024).

Febby mengurai beberapa alasan mengapa pariwisata menjadi pilar penting, pertama pilqr ekonomi, sektor pariwisata memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian. Pendapatan dari wisatawan asing dan domestik dapat membantu mengurangi ketergantungan pada sektor lain.

Kedua Diplomasi, Pariwisata juga berperan dalam diplomasi luar negeri. Melalui pertukaran budaya, kerjasama pariwisata dapat memperkuat hubungan antarnegara.

BACA JUGA  Dibangun Semen Padang, Gua Kelelawar Padayo Diresmikan Walikota

Dan ketiga, Geo-Politik adalah daya tarik pariwisata suatu negara mempengaruhi citra dan posisi geopolitiknya. Destinasi populer sering menjadi pusat perhatian dunia.

Febby juga menyoroti pentingnya ketahanan pariwisata dalam menghadapi berbagai krisis.

Dalam disertasinya yang berjudul “Strategi Ketahanan Pariwisata pada Masa Krisis, Studi Adaptasi dan Berkelanjutan di Provinsi Bali,” Febby membahas lima jenis krisis yang pernah terjadi di Bali: krisis politik, ekonomi, keamanan, bencana, dan kesehatan

Namun, Febby juga menekankan bahwa ketahanan pariwisata tidak hanya tentang aspek politik dan keamanan.

Ia mengingatkan agar intelijen Indonesia tidak hanya difokuskan pada kepentingan politik, tetapi juga harus membangun issue dan memperkuat brand destinasi pariwisata di Indonesia.

BACA JUGA  Tunggu Sertifikasi, Pengoperasian Bandara Mentawai Bisa Dongkrak Kunjungan Wisata

Contoh positif adalah bagaimana intelijen Korea bekerja untuk kepentingan pariwisata mereka, termasuk riset pasar dan penyesuaian kuliner dengan lidah orang Indonesia.

Selain itu, industri musik K-pop dan drama Korea juga menjadi daya tarik bagi wisatawan Indonesia , hari ini dari aceh sampai papua sudah ada gerai makanan korea dan setiap tahun warga negara indonesia makin meningkat jumlahnya yang berwisata ke korea tidak hanya mengunjungi destinasi yang dilhat dari film korea dan drakor tetapi juga untuk perawatan kecantikan yang mengalahkan tanaman herbal serta obat tradisional untuk perawatan dan kecantikan yang semeatinya menjadi bahagian daya tarik wellness tourism indonesia apakah packaging dan research potensial market kita yang belum tergarap dengan optimal

BACA JUGA  Anggota DPRD Sumbar Yunisra Syahiran Boyong Pelaku Ekraf Studi Tiru ke Bali

Comment