PariwisataPeristiwa

Road to WIES 2025, Perkuat Citra Sumbar jadi Daerah Industri Halal Dunia

25
×

Road to WIES 2025, Perkuat Citra Sumbar jadi Daerah Industri Halal Dunia

Sebarkan artikel ini
Menparekraf, Sandiaga Uno dan Gubernur Sumbar Mahyeldi (tengah) memukul gendang tanda pembukaan Riad to WIES 2025 selepas salat Dzuhur di Masjid Syekh Ahmad Khatib Alminangkabawi, Minggu (7/7).Ist

PADANG – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Meparekraf) RI Salahuddi Sandiaga Uno membuka Road to World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2025 selepas salat Dzuhur di Masjid Syekh Ahmad Khatib Alminangkabawi, Minggu (7/7).

Pembukaan Road to WIES 2025 dengan tema ‘Masjid sebagai pusat pemberdayaan wirausaha dan inovasi’ itu dihadiri oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar Sari Lenggogeni, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, Keluarga Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi serta pejabat dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyebut perhelatan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) membuka peluang bagi usaha industri halal di daerah itu untuk lebih dikenal dunia.

BACA JUGA  Tokoh Agama Sayangkan Aksi Ricuh Mahasiswa, Anarkis Bukan Budaya Orang Minang

“Pada WIES tahun 2023, peserta datang dari 20 negara dengan jumlah kunjungan mencapai 10 riu orang. Ini membuka peluang bagi industri halal Sumbar untuk lebih dikenal dunia,” katanya.

Apalagi, katanya, perputaran uang pada WIES 2023 mencapai Rp146,8 miliar. “Fakta ini menunjukkan WIES tidak saja membawa efek promosi, tetapi juga membawa efek ekonomi secara langsung,” katanya.

Mahyeldi mengatakan dengan besarnya dampak yang diberikan oleh WIES tersebut, Pemprov Sumbar memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan WIES ke-2 pada 2025 yang ditargetkan akan diikuti oleh lebih banyak peserta dari berbagai negara.

Ia meminta pelaku industri halal di Sumbar menjadikan WIES sebagai penyemangat untuk terus berinovasi, menghasilkan produk yang berkualitas sehingga memiliki daya saing.

BACA JUGA  Pemko Bukittinggi Adakan Gotong Royong Bersihkan Saluran Air Sekitar Pasar Aur Kuning

Menurutnya untuk memaksimalkan peluang yang telah terbuka melalui WIES, perlu kolaborasi pemerintah dan semua pemangku kepentingan lain, terutama untuk mendorong peningkatan kualitas produk yang dihasilkan industri halal di Sumbar.

Ia menilai, WIES juga memberikan peluang untuk sektor pariwisata halal Sumbar semakin dikenal dunia. Berkaca dari beberapa daerah seperti Bali, Yogyakarta dan NTB, sektor pariwisata sangat laik untuk diharapkan menjadi penyokong penguatan fiskal daerah.

Comment