Peristiwa

BPJS Siapkan Program Portabilitas Dalam JKN Jelang Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H

56
×

BPJS Siapkan Program Portabilitas Dalam JKN Jelang Libur Lebaran Idul Fitri 1445 H

Sebarkan artikel ini

BUKITTINGGI – Jelang libur lebaran Idul Fitri 1445 H, BPJS Kesehatan, siapkan program portabilitas dalam JKN. Hal ini memudahkan peserta JKN untuk dapatkan layanan kesehatan dimana saja. Senin (01/04/2024)

Peserta yang berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain, paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu 1 bulan.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi, Haris Prayudi, menjelaskan, selama libur lebaran 8-15 April 2024, pihaknya berkomitmen memudahkan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan yang diperlukan.

“Namun, program JKN ini tidak hanya berlaku saat lebaran saja. Semua peserta berhak dapat layanan kesehatan, dimanapun berada, dengan menyampaikan NIK pada petugas kesehatan di faskes tingkat pertama. Tidak harus ada bawa kartu BPJS dan kami tegaskan tidak pembatasan hari rawat bagi peserta BPJS,” ungkapnya.

BACA JUGA  Sitinjau Lauik Longsor, Dua Pemotor Dilaporkan Tertimbun

BPJS Kesehatan juga telah miliki kemudahan pelayanan administrasi JKN selama libur lebaran, seperti, layanan informasi PANDAWA dengan nomor 08118165165, aplikasi mobile JKN, VIKA yang terkoneksi dengan care center 165, BPJS SATU sebagai pemandu layanan peserta, care center 165, website bpjs- kesehatan. go.id dan CHIKA.

“Pastikan keaktifan kepesertaan JKN sekeluarga. Untuk peserta yang rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit, jangan lupa untuk mengecek tanggal kadaluwarsa surat rujukannya. Jika surat rujukan sudah hampir kadaluwarsa, segeralah mengurus pembaruan surat rujukan, sebelum memasuki masa cuti bersama dan libur lebaran. Tetap Jaga kesehatan selama bulan puasa. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, kurangi makanan tinggi gula, perbanyak asupan air putih,” pesannya.

BACA JUGA  Teruci Chaprendang Berbagi dengan Anak Yatim di Sumpur

Kepala Dinas Kesehatan Bukittinggi, Linda Faroza, menyampaikan, Pemko Bukittinggi juga telah menyiapkan berbagai strategi untuk menyambut libur lebaran Idul Fitri 1445 H. Salah satunya, Dinas Kesehatan, yang menyiapkan sejumlah posko kesehatan, untuk layani masyarakat, pemudik dan pengunjung.

Comment