NasionalSumatera Barat

Baznas Award 2024, Gubernur Sumbar Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

152
×

Baznas Award 2024, Gubernur Sumbar Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setdaprov Sumbar) Andri Yulika menerima Baznas Awards 2024 dari Ketua Baznas RI Prof.Dr.KH Noor Achmad, MA di Hotel Bidakara, Jakarta Kamis (29/2).Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, berhasil meraih penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award Tahun 2024 kategori ‘Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik’.

Penghargaan tersebut diterima Gubernur Sumbar diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setdaprov Sumbar) Andri Yulika dari Ketua Baznas RI Prof.Dr.KH Noor Achmad, MA di Hotel Bidakara, Jakarta Kamis (29/2).

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi serta pengakuan Baznas RI terhadap tata kelola zakat yang selama ini telah dijalankan Pemprov Sumbar.

“Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi penyemangat bagi jajaran Pemprov Sumbar beserta seluruh masyarakat untuk terus mendorong zakat sebagai sarana penguatan dan pemberdayaan ekonomi umat,” ujarnya.

BACA JUGA  Masa Jabatan Hendri Septa Habis, Gubernur Tunjuk Andree Algamar Plh Wali Kota Padang

Mahyeldi menyebutkan, potensi zakat di Sumbar diperkirakan lebih dari Rp4,2 trilliun. Potensi itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam upaya penguatan serta pemberdayaan ekonomi umat.

Atas dasar itu, sambungnya, Pemprov Sumbar sejak beberapa tahun belakangan bahkan telah mendorong seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakat lewat Baznas.

“Lewat langkah itu zakat yang terkumpul diharapkan terkelola dengan baik serta diterima oleh pihak yang tepat sebagaimana tutunan Al-Quran, yakninya kepada delapan golongan Ashnaf,” ucapnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sumbar, Al-Amin menambahkan, penghargaan Baznas Award yang diterima Gubernur Sumbar tersebut, bentuk apresiasi Baznas RI terhadap pengelolaan zakat yang telah dilakukan pemerintah daerah, Baznas Provinsi Sumbar, kabupaten kota serta Lembaga Amil Zakat.

BACA JUGA  Arus Lubuk Basung-Bukittinggi Ditutup, Truk Rebah di Kelok 44

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan Baznas RI terhadap kepemimpinan Bapak Gubernur Sumbar yang selama ini terus terus mendorong optimalisasi pengumpulan zakat yang dikelola sepenuhnya oleh Baznas,” ucapnya.

Al Amin menyebutkan, potensi zakat di Sumbar, terbilang luar biasa besar, atas dasar itu, semua pihak termasuk pemerintah, Pemprov Sumbar Kanwil Kemenag, MUI hingga masyarakat perlu terus meningkatkan sinergi, dan kolaborasi dalam pengelolaan serta pengumpulan zakat.

Comment