Olahraga

Bonus Rp100 Juta bagi Atlet Gulat Bukan dari KONI, Tapi dari Pemko Padang

145
×

Bonus Rp100 Juta bagi Atlet Gulat Bukan dari KONI, Tapi dari Pemko Padang

Sebarkan artikel ini

PADANG – Ketua KONI Padang Yusra Syarif mengatakan, Pemko Padang melalui Walikota Hendri Septa menjanjikan bonus Rp 100 juta terhadap Randa Rian Desta peraih medali emas SEA Games 2023 Cabang olahraga (Cabor) gulat di nomor Men’s Freestyle 79 kg.

“Bonus yang dijanjikan melalui SK Walikota Padang No. 684/2023 tentang pemberian bonus atlet dan pelatih gulat Sea Games 2023 tesebut merupakan ranahnya Pemko Padang dan bukan KONI Padang,” ujar Yusra disampingi Wakil Ketua II Ilmarizal kepada wartawan, Jumat (29/12 /2023).

Dikatakan Yusra, dalam hal ini KONI Padang hanya menyerahkan kepada atlet yang bersangkutan. Ditambahkan, dalam pemberian bonus itu adalah domain nya Pemko Padang, sebab yang memiliki budgeting merupakan Pemko Padang.

BACA JUGA  Besarkan PSP dengan Kerja Keras, Bukan Membesarkan Pengurus

Begitu juga sebaliknya di KONI Sumbar, walaupun KONI Sumbar memberikan bonus terhadap Randa Rian Desta senilai Rp 25 juta, bisa saja itu sifatnya reward dari KONI Sumbar. Sebab, domain-nya yang memberikan bonus tersbut adalah Pemprov Sumbar. “Karena yang memilki anggaran tersebut merupakan Pemprov Sumbar,” ucap Yusra.

Tentu dalam hal pemberian bonus tesebut mekanisme diusulkan kepada Pemprov Sumbar, kemudian dianggarkan melalui APBD Sumbar. Setelah dianggarkan baru bisa dicairkan. “Namun, apakah Pemprov Sumbar menganggarkan bonus terhadap Randa, termasuk bonus Porwil Sumatera XI Riau 2023 tentu ranahnya Pemprov Sumbar,” ucap Yusra.

Sementara KONI Sumbar memberikan bonus Rp 25 juta kepada Randa itu bersifat reward dalam memotivasi atlet. Bonus ini bukan dari Pemprov Sumbar, hingga sekarang Pemprov Sumbar belum diketahui apakah bakal memberikan bonus tehadap atlet Sumbar yang berprestasi baik di Sea Games maupun di Porwil dan BK PON.

BACA JUGA  Atika Suri Atlet Karate Sumbar Rebut Emas Kejurnas Karate 2022 

Diakui Yusra, semua insan olahraga di Ranah Minang sangat berharap Penprov Sumbar bonus terhadap atlet Sumbar. Baik Randa yang meraih medali emas di Sea Games 2023 lalu di Kamboja. Kemudisn peraih medali di Porwil Sumatera XI 2023 di Pekanbaru Riau dan atlet lolos PON melalui babak kualifikasi PON (BK PON).

* Giat KONI Padang
Sepanjang rentang tahun 2023, KONI Padang telah melaksanakan berbagai kegiatan. Sehingga, adau anggaran KONI Padang senilai Rp 12 miliar terjadi Silpa Rp4 miliar. “Silpa yang mencapai Rp 4 miliar ini terjadi karena agenda Porprov 2023 urung terjadi. Jika Porprov 2023 terlaksana mustahil terjadi Silpa sebesar Rp 4 miliar tersebut,” kata Yusra. (drd)

BACA JUGA  Tim Pra PON Jaya Bidik Juara di Turnamen Anak Nagari

Comment