Pendidikan

Mahyeldi Apresiasi Pendidikan Karakter di SMK I Koto Baru Dharmasraya

254
×

Mahyeldi Apresiasi Pendidikan Karakter di SMK I Koto Baru Dharmasraya

Sebarkan artikel ini
Lantik Taruna-Taruni SMK 1 Koto Baru Dharmasraya, Gubernur Mahyeldi Sebut Pentingnya Pelajar Berkarakter Disiplin dan Berjiwa Nasionalis.Ist

DHARMASRAYA—Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi pola pendidikan karakter berbasis taruna yang diterapkan di SMK Negeri 1 Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya.

Menurutnya, pola tersebut bakal menghasilkan lulusan yang berkarakter, disiplin, dan penuh semangat nasionalisme.

Hal itu disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara pada Pelantikan Taruna-Taruni Angkatan VI di Lapangan Bhineka Tunggal Ika SMK Negeri 1 Koto Baru, Senin (30/10/2023). Kegiatan itu juga dibarengi dengan pelaksanaan job fair serta Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kearifan Lokal Minangkabau.

“Saya sangat bangga dengan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis ketarunan di SMK kita ini. Sebab kerapian dan kedisiplinan adalah salah dua syarat untuk mencapai keberhasilan. Tanamkan hal demikian dengan optimis, sehingga SMK ini akan menjadi contoh bagi SMK dan SMA lain di Sumbar,” kata Gubernur.

BACA JUGA  Vaksinasi Nakes Lantamal II  Satukan Kekuatan Menyasar Pelajar Adabiah Padang 

Menurutnya, pendidikan karakter sangat dibutuhkan di sekolah. Sebagaimana SMKN 1 Koto Baru telah menerapkan pendidikan karakter dengan pola ketarunaan, yang menerapkan prinsip kemiliteran.

“Tentu ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik kita. Khususnya terkait dengan kedisiplinan serta mental yang lebih baik. Pemprov Sumbar sangat mendukung terselenggaranya pendidikan karakter berbasis ketarunaan di SMK 1 Koto Baru,” ujarnya lagi.

Gubernur juga mengapresiasi status SMK N 1 Koto Baru sebagai salah satu sekolah unggulan di bidang agribisnis, khususnya untuk pengembangan tanaman perkebunan kelapa sawit, yang juga memprakarsai penyelenggaraan job fair dengan menjalin kerja sama dengan dunia kerja dan dunia industri.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan upaya implementasi program pemerintah dalam bidang pendidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter pelajar.

BACA JUGA  Tim VBSS Satrol Lantamal II  Gelar Latihan Tingkatkan Kemampuan Prajurit 

“Agar ke depan pelajar kita memiliki profil pelajar Pancasila. Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, serta masyarakat yang telah mendukung berjalannya program-program pendidikan di sekolah ini,” ujarnya lagi.

Comment