Politik

Kabupaten dan Kota Diminta untuk Perkuat Peran Camat

499
×

Kabupaten dan Kota Diminta untuk Perkuat Peran Camat

Sebarkan artikel ini
Gubernur Mahyeldi berikan arahan pada Rapat Kerja Pemprov Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat se-Sumbar, Selasa (25/7/2023) di Auditorium Gubernuran Sumbar.Ist

PADANG – Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengakui peran camat saat ini mulai berkurang. Untuk itu pemerintah kabupaten dan kota harus menguatkan fungsi camat dengan mendelegasikan sejumlah kewenangan daerah.

Hal itu disampaikannya pada Rapat Kerja Pemprov Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat se-Sumbar, Selasa (25/7/2023) di Auditorium Gubernuran Sumbar.

“Camat ini memang agak terlupakan,”katanya.

Disebutkannya, dengan adanya kegiatan tersebut ada peningkatan kapabilitas dan dukungan kebijakan dalam penguatan fungsi camat. Camat adalah jabatan strategis dalam rangkain birokrasi daerah.

Menurutnya camat memiliki kewenangan yang besar dalam mengelola jalannya roda pemerintahan. Dengan UU nomor 32/2004 fungsi camat sudah berada di tatanan ideal. Selain memiliki fungsi dan kewenangan atibutif, camat juga memiliki fungsi delegatif.

BACA JUGA  Sampai Dibilang Gubernur Malam, Siapakah Eri Santoso orang Dekat Mahyeldi..?

“Karena camat muara OPD, peran itu yang akan diperkuat. Koordinasi lurah dan walingari. Untuk penguatan fungsi itu kabupaten dan kota agar mendelegasikan beberapa kewenangan. Tidak langsung kepala daerah dan dinas saja,”pintanya.

Untuk itu dia berharap, rapat kerja ini akan memunculkan terobosan dan inovasi serta pedoman pelaksanaan pendelagasian tugas ke kecamatan. Sebagai pilar utama penguatan fungsi camat di Sumbar .

Sehingga jadi pedoman bagi pemerintah kabupaten/kota dalam penerbitan atau perbaikan aturan pendelagasian tugas dan wewenang kepada camat di wilayahnya.

Diharapkan rakor itu juga apat dapat merumuskan kebijakan-kebijakan apa saja yang dapat di delagasikan ke kecamatan. Kemudian, dapat di implementasikan oleh pemerintah kabupaten/kota untuk dituangkan dalam peraturan pelaksananya.

BACA JUGA  Suara Mahyeldi dengan NA Dekat, Pilgub Sumbar Bisa Bermuara ke MK

“Kita harap kabupaten dan kota mari kita berdayakan camat-camat yang ada di daerah kita, para camat kami percaya adalah orang-orang terpilih yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas. Apabila kita tingkatkan peran dan fungsinya akan mampu menopang dan menjadi pondasi yang kokoh dalam rangka menunjang dan mensukseskan program-program pembangunan daerah,”katanya.

Comment