Pendidikan

Gubernur Sumbar Launching BESTIE, Ajak ASN Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris

354
×

Gubernur Sumbar Launching BESTIE, Ajak ASN Tingkatkan Kompetensi Bahasa Inggris

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah Melaunching Program BESTIE (Belajar English Setiap Tuesday Melalui Elearning) untuk para ASN Pemprov Sumbar.Ist

PADANG- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah Melaunching Program BESTIE (Belajar English Setiap Tuesday Melalui Elearning) untuk para ASN Pemprov Sumbar. Ia berharap dengan pembelajaran Bahasa Inggris secara rutin setiap Selasa selama dua jam pelajaran tersebut dapat menciptakan birokrasi berkelas dunia melalui Smart ASN 2024.

“Membangun perilaku birokrasi kelas dunia ada beberapa yang perlu disiapkan yaitu mindset, tools dan skills,” sebut Gubernur Mahyeldi pada sambutannya saat pembukaan BESTIE yang dilaksanakan di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumbar, Selasa (25/7/2023).

Ia mengatakan, Smart ASN akan dicapai jika ASN yang memiliki karakteristik, integritas, nasionalisme, profesionalisme, wawasan global, menguasai IT dan bahasa asing, hospitality, memiliki networking, memiliki semangat enterpreneurship.

BACA JUGA  Wujudkan Kualitas Pendidikan, Supardi Buka Dua Bimtek Digital Sekaligus

“Salah satu Skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang ASN adalah mampu menggunakan bahasa asing, salah satunya Bahasa Inggris. Itu penting, karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang bisa digunakan secara global,” ungkap Mahyeldi.

Ia menambahkan, Bahasa Inggris sangat penting dalam memberikan pelayanan publik karena merupakan bahasa internasional yang akan menunjang dalam berkomunikasi dengan orang dari negara lain.

“Terutama bagi ASN yang mejalankan fungsi pelayanan di Bidang Kerjasama, Pariwisata, Investasi, Perindustrian dan Perdagangan, Kebudayaan dan lainnya, kemampuan berbahasa Inggris ini sangat penting,” terangnya.

Ia menambahkan, selain itu, dengan kemampuan bahasa Inggris akan memudahkan ASN dalam memberikan pelayanan publik dibutuhkan inovasi melalui teknologi informasi. Dalam mengoperasionalkan peralatannya dibutuhkan kemahiran dan kemampuan berbahasa Inggris.

BACA JUGA  22 Orang Anggota Muda Eksistensi MPALH UNP Dikukuhkan 

“Oleh sebab itu, sebagai ASN sangat perlu untuk untuk terus mengasah, melatih dan membiasakan diri untuk dapat berbahasa Inggris” ungkapnya.

Dalam upaya memenuhi pengembangan kompetensi ASN, salah satu kegiatan strategis yang akan dilaksanakan khususnya kompetensi teknis bahasa Inggris yaitu melalui pembelajaran secara rutin setiap minggu pada hari Selasa jam 08.30 – 10.30 (2 Jam Pelajaran) yang disebut BESTiE (Belajar English Setiap Tuesday Melalui Elearing).

Comment