Olahraga

Kemenpora Myanmar Percayakan Syafrizal Adek Presiden Chinlone Indonesia

3123
×

Kemenpora Myanmar Percayakan Syafrizal Adek Presiden Chinlone Indonesia

Sebarkan artikel ini

PADANG — Debut kancah olahraga Chinlone yakni olahraga nasional dari Myanmar yang merupakan variasi dari olahraga sepaktakraw akan mulai dimassalkan di Indonesia. Seiring dipertandingkannya cabang olahraga Chinlone SEA Games 2023 di Kamboja, Direktur Kemenpora Myanmar, Kyawzin Moe melalui suratnya tertanggal 15 Maret 2023 lalu menetapkan Syafrizal Bakhtiar sebagai Presiden Federasi Chinlone Indonesia.

Hal inilah yang menyulut media ini berdiskusi panjang dengan Syafrizal Bakhtiar yang akrab disapa Syafrizal Adek usai makan siang disalah satu rumah makan di kawasan Ampang, Kamis (25/5/2023) siang pekan lalu.

Menurut Presiden Federasi Chinlone Indonesia, Syafrizal Adek, surat penunjukan dirinya tersebut terkait saat SEA Games 2023 di di Phnom Penh, Kamboja, 4 Mei hingga 17 Mei 2023 lalu dirinya sebagai Pejabat Teknis Internasional (ITO) di cabang olahraga sepaktakraw, karena saat ini Syafrizal Adek juga anggota ASTAF (Induk organisasi sepaktraw Asia) dan ISTAF (Internasional).

BACA JUGA  KONI Sumbar Tinjau Atlet PON Latihan, Benahi Fisik di Bawah Standar

Seperti diketahui dari Sumatera Barat Syafrizal Adek satu-satunya praktisi dan pelaku olahraga ranah Minang yang diberikan kepercayaan dalam kepanitiaan event SEA Games ke-32. Sehingga buah dari keterlibatan dalam pergaulan olahraga di Asia Tenggara, Syafrizal Adek dikenal diluar negeri.

Menyoal dirinya sebagai Presiden Federasi Chinlone Indonesia (FCI), Syafrizal Adek mengatakan bahwa dirinya akan mendaftarkanya ke Menkumham dalam waktu dekat ini, karena ia akan bertanggungjawab untuk pengembangan dan promosi olahraga Chinlone di seluruh provinsi di Indonesia dan Presiden FCI yang diembanya akan membangun fondasi yang kuat untuk kemajuan olahraga Chinlone di Indonesia, karena disamping menyiapkan kompetisi, juga dalam waktu dekat ini akan mensosialisasikan aturan dan peraturan permainan serta mengadakan coaching clinic.

BACA JUGA  Tim Beregu Putra Sumbar  Tenis Lapangan Kantongi Tiket PON

Alhamdulillah semua itu akan terlaksana karena dukungan penuh Mr Kyawzin Moe selaku Direktur Kemenpora Myanmar,” ujar Syafrizal Adek Owner Hotel Razaki Bypass, Padang ini. (drd)

Comment