EkonomiUmum

Ramadhan Berbagi Baznas Padang Salurkan 15 Ribu Paket Sembako

173
×

Ramadhan Berbagi Baznas Padang Salurkan 15 Ribu Paket Sembako

Sebarkan artikel ini

PADANG-Baznas Kota Padang gelar program Ramadhan Berbagi 1444 H, yang diluncurkan Walikota Padang Hendri Septa, Senin (27/3/2023). Program Ramadhan berbagi Baznas tahun ini menyalurkan sebanyak 15 ribu paket Sembako dengan nilai Rp 150 ribu perpaket.

Ketua Baznas Kota Padang H Yuspardi mengatakan, jika bicara zakat, maka tak terlepaskan dari dua objek, yakni muzaki dan mustahik. Dua objek ini saling tekaitan yang diamanahkan dalam agama. “Di mana bagi muzaki, zakat merupakan untuk membersihkan hartanya dan menenangkan serta ketentraman jiwa mereka,” ucap Yuspardi.

Dikatakan Yuspardi, di sisi lain mustahik memang tak terbantahkan bisa diatasi dengan penyaluran zakat. Di sini pihak mustahik merupakan ladang berbuat amal bagi orang yang mampu alias orang kaya.

BACA JUGA  Di Penghujung Masa Jabatan Danlantamal II jadi Irup Sertijab Pejabat Lantamal

Arahan Baznas Sumbar, tahun 2023 Baznas Kota Padang menargetkan pengumpulan zakat RKAT sebesar Rp 22, 9 miliar. Memang tak terbantahkan potensi zakat Kota Padang merupakan yang terbesar di Sumbar yang mencapai sebesar Rp120 miliar pertahun.

Kepala Kemenag Padang Edy Oktafiandi mengatakan, dalam harta orang kaya tersebut dititipkan hak orang miskin di sana. Di mana hak orang miskin itu disalurkan berupa zakat, yang merupakan untuk upaya membersihkan orang kaya.

Baznas Sumbar Irman Agus mengatakan, zakat dalam al Quran ditegaskan sebanyak 27 kali, dengan perintah dirikan sholat bayarkan zakat. Karena dalam hartanya terdapat hak orang miskin. “Tapi, masih dimakan hak orang miskin tersebut maka haram hukumnya,” sebut Irman.

BACA JUGA  Hadiri Raker PWPS, Ketua PKPS Sumbar Ingatkan Pentingnya Realisasi Program Kerja

Walikota Padang Hendri Septa mengatakan, sebanyak 80 persen zakat yang dikumpulkan Baznas Padang berasal dari ASN di lingkungan Pemko Padang. Namun, 20 persen lagi dari masyarakat kota.” Namun, diharapkan kepada pelaku usaha yang berusaha di Kota Padang hendaknya juga menyalurkan zakatnya bagi warga miskin di kota ini,” ucap Hendri.

Wako mengharapkan, pelaku usaha dan BUMN yang ada di Kota Bingkuang juga menyalurkan zakatnya ke mayarakat miskin di kota ini. Jika, masih ada pelaku usaha dan bisnis yang menyalurkan zakatnya keluar Sumbar, tentu hal ini menjadi pemikiran semua pihak di kota ini. (drd)

Comment