NasionalPeristiwa

Gubernur Mahyeldi sebut sosok Azwar Anas adalah Tokoh Inspirator

332
×

Gubernur Mahyeldi sebut sosok Azwar Anas adalah Tokoh Inspirator

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar bersama mantan Menhub dan mantan Gubernur Sumbar Azwar Anas.ist

PADANG – Meninggalnya mantan Gubernur Sumbar, Azwar Anas meninggalkan banyak kenangan dan tauladan. Terutama bagi Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi mengingat Letjen. TNI (Purn). Ir. H. Azwar Anas. Dt. Rajo Sulaiman sebagai salah satu tokoh nasional dari daerah itu yang memiliki banyak pencapaian sehingga memberikan inspirasi bagi generasi setelahnya.

“Beliau adalah tokoh nasional dari Sumbar yang memiliki begitu banyak prestasi tidak hanya di pemerintahan tetapi juga di luar pemerintahan seperti saat menjadi Ketua Umum PSSI,” katanya di Padang, Minggu (5/3/2023).

Disebutkannya, sosok Azwar Anas telah mampu menginspirasi generasi sesudahnya untuk bisa menggapai prestasi dan pencapaian tidak hanya di tingkal lokal tetapi juga dipentas nasional.

BACA JUGA  Danlantamal II Padang Sambut Kedatangan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanudin 

Mahyeldi sekaligus menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Gubernur Sumatera Barat periode 1977-1987 itu di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu pukul 11.45 WIB.

“Ini adalah kehilangan bagi Sumbar juga bagi generasi penerus karena sang inspirator telah menghadap kepada Sang Pencipta. Tetapi kiprahnya akan tetap menjadi teladan untuk masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berharap keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan melepas kepergian almarhum dengan ikhlas.

Letjen. TNI (Purn). Ir. H. Azwar Anas. Dt. Rajo Sulaiman merupakan tokoh kelahiran Padang pada 2 Agustus 1933. Ia pernah menjabat sebagai Gubernur Sumbar periode 1977-1987.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Indonesia pada Kabinet Pembangunan V (1988–1993). Kemudian dipercaya menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998).

BACA JUGA  Atasi  Masker Langka, Gubernur Sumbar Instruksikan BLK Padangpanjang Memproduksi Masker

Sosok yang pernah menjabat sebagai Ketua Majelis Pembina Pusat Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) ini pernah dipercaya sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hingga 1999.

Sebelum meninggal dunia, Azwar memang sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto pada Januari 2023.(Bdr)

Comment