Peristiwa

Remaja Putus Sekolah di Bukittinggi Ditangkap Warga Curi Kotak Amal, Ibunya Sempat Pingsan

195
×

Remaja Putus Sekolah di Bukittinggi Ditangkap Warga Curi Kotak Amal, Ibunya Sempat Pingsan

Sebarkan artikel ini

PADANG – Parah, remaja putus sekolah nekat mencuri kota amal di Masjid Darussalam Guguak Randah, Kelurahan Campago Guguak Bulek, Kecamatan MKS, Kota Bukittinggi.

Kesal dengan aksinya, remaja berinisial R (17) ini menjadi bulan-bulanan warga.

Terungkapnya aksi pencurian oleh pelaku asal Kecamatan Tilatang Kamang itu, Selasa (21/2/2023) sekitar pukul 11.30 WIB, karena garin sudah lama mencurigai gerak-gerik pelaku yang disaksikannya melalui layar hasil kamera CCTV yang terpasang.

Warga yang mengetahui ada aksi pencurian di masjid, kemudian datang beramai-ramai dan menggebuki remaja tersebut hingga babak belur.

“Warga geram dengan aksi pelaku yang terciduk membongkar beberapa kotak amal yang ada, sehingga pelaku sempat dihajar massa sebelum diamankan,” kata Bhabinkamtibmas Kelurahan Campago Guguak Bulek Polresta Bukittinggi, Bripka Okriadi.

BACA JUGA  Wawako Hadiri Sartijab Kepala RRI Kota Bukittinggi

Bripka Okriadi menyebut aksi pelaku diketahui pertama kali sekitar pukul 11.30 WIB oleh garin masjid melalui layar kamera CCTV dari dalam ruangan pengurus masjid.

“Garin bernama Ifdal (23) bersama dua rekannya sengaja mengintai pelaku karena curiga dengan gerak geriknya, saat masuk masjid yang dalam keadaan kosong,” kata Okriadi.

Sebelum dipergoki, dijelaskan Okriadi, pelaku sempat berpura-pura tidur, setelahnya mencongkel kotak amal dan mengambil sejumlah uang. Garin bersama rekannya kemudian mengejar pelaku dan membuat warga sekitar ramai ke lokasi dan ikut mengamankan pelaku.

“Pelaku ini sempat melawan hingga akhirnya beberapa warga terpancing emosi kemudian mengikatnya ke tiang masjid sebelum kami amankan. Dari pengakuan pelaku, aksi pencurian kotak amal sudah dilakukan sejak lama dengan beberapa lokasi masjid,” ungkap Okriadi.

BACA JUGA  1.419 KPM Kecamatan Guguak Panjang Terima Bantuan Sembako Triwulan II

Selain itu, menurut Oktiadi, pihaknya juga menghadirkan orang tua pelaku ke lokasi. Bahkan, orang tuanya pingsan tidak sadarkan diri karena tidak menyangka anaknya melakukan pencurian uang kotak amal.

“Pelaku kemudian kami serahkan ke Tim Satuan Reskrim Polresta Bukittinggi untuk ditindaklanjuti lebih jauh terkait lokasi masjid lain yang kemungkinan pernah menjadi korbannya,” tutupnya.(Bdr)

Comment