Pendidikan

Jaga Keutuhan Bangsa, Begini Cara ICBS Tangkal Radikalisme

264
×

Jaga Keutuhan Bangsa, Begini Cara ICBS Tangkal Radikalisme

Sebarkan artikel ini
Kepala Sekolah Insan Cendia Bording School/ICBS Ustad Ihsan Ahmad bersama sejumlah siswa.ist

PADANG – Banyak cara yang bisa dilakukan anak bangsa dalam membangun dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satunya Semangat membangun bangsa di mulai dari ruang lingkup terkecil dalam keluarga bahkan dalam lingkup lembaga pendidikan yang nantinya melahirkan generasi cerdas, bertanggung jawab dan pancasilais.

Maraknya narasi-narasi intoleran yang beberapa waktu belakangan menghiasi berbagai ruang media sosial, tentunya cukup meresahkan banyak pihak. Sangat dibutuhkan peran serta semua lapisan masyarakat maupun lembaga pendidikan, untuk tetap menjaga semangat kesatuan dan persatuan.

Narasi in toleran ini, tentunya bisa ditangkal dengan semangat bersama semua pihak, terutama dalam membangun semangat cinta tanah air.

BACA JUGA  Perguruan Ar Risalah Luluskan 222 Santri Hafal Alquran

Menyikapi itu, Kepala Sekolah Insan Cendia Bording School/ICBS Ustad Ihsan Ahmad bahwa membangun bangsa dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia atau NKRI harus di dukung secara total. Semangat tersebut tentunya selalu ditanamkan pada diri seluruh sifitas akademik ICBS.

“Membentuk anak yang cerdas dengan karakter yang islami, adalah tujuan kita melahirkan generasi yang islami. Dengan terbentuknya SDM yang berkualitas tersebut, tentunya akan lahir generasi penerus yang siap mendukung dan berperan membangun bangsa dalam bingkai NKRI,” ujar, Rabu (20/4/2022).

Lebih jauh Ustad Ihsan menjelaskan bahwa ICBS juga mengajarkan tentang ayat ayat allah dengan pemahaman yang benar yang tentunya sesuai dengan aturan-aturan perundangan di negara kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA  Hadapi Revolusi Industri 4.0, UNP Miliki PUI Layanan Digital dan Kuliner

ICBS dalam menjaga NKRI senantiasa mengajarkan kepada seluruh santrinya menghormati para pahlawan dan sejarah bangsa. Hal tersebut tergambar dalam setiap upacara dimana menghormati lambang-lambang kenegaraan.

“Kita juga mengajarkan toleransi beragama sebagai wujud kebinekaan. Juga mengajarkan satri sebagai umat yang moderat yaitu umat yang tidak radikal. Karena ICBS memegang teguh ajaran islam yang moderat dan berkontribusi dalam cita bangsa dan tanah air,” tegas Ustad Ihsan.

Comment