Ekonomi

Serap Produk Pertanian, Pemprov Sumbar bakal Dirikan Perusda Baru

157
×

Serap Produk Pertanian, Pemprov Sumbar bakal Dirikan Perusda Baru

Sebarkan artikel ini
Gubernur dan Wagub Sumbar Audy Joinaldy.ist

PADANG – Guna mendukung usaha pertanian di Sumbar, Pemerintah Provinsi Sumbar bakal mendirikan perusahaan daerah (Perusda) baru. Perusahaan itu nanti akan bergerak di bidang usaha pertanian.

“Sekarang kita sedang menyiapkan pendirian perusahaan daerah baru. Ini khusus untuk bergerak disektor pertanian,”sebut Wakil GUbernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kamis (3/3/2022).

Dikatakannya, kebijakan tersebut sekaligus sejalan dengan visi dan misinya dalam memajukan sektor pertanian di Sumbar. Diakuinya dari banyak bidang usaha yang bergerak di Sumbar, sektor pertanian menjadi yang terbukti mampu bertahan dan menjadi penggerak perekonomian mikro saat pandemi melanda Sumbar.

“Secara keseluruhan, sektor pertanian kita terus tumbuh. Pergerakannya positif, itu karena kita memang memiliki potensi di bidang pertanian,”sebutnya.

BACA JUGA  Aksi Geber Emas BS MSME dapat Respon Positif Masyarakat 

Dengan itu, maka Pemprov Sumbar akan fokus untuk memajukan sektor pertanian dengan mendirikan perusahaan daerah. Sehingga mampu menjadi penopang usaha masyarakat nantinya.

Dicontohkannya, perusahaan itu nantinya akan menjadi pengolah produk-produk pertanian menjadi produk turunan. Tapi berskala kecil. Seperti mengolah tomat menjadi saos.

“Tapi nanti akan berskala kecil, Begitu juga dengan produks turunan lainnya. Dengan begitu produk-produk pertanian masyarakat akan terserap. Harga akan tetap stabil, karena kita ada menyerapnya. Dengan begitu mudah-mudahan petani kita akan sejahtera,”ujarnya.

Proses pendirian perusahaan itu saat ini sedang dalam kajian. Prosesnya sedang dipersiapan oleh Asisten II Setdaprov Sumbar.

“Sekarang kita sedang mempersiapkan administrasinya, karena mendirikan perusahaan dalam pemerintah daerah dengan swasta itu sangat berbeda. Kita membutuhkan dukungan dari DPRD juga,”ujarnya.

BACA JUGA  Hadir di Solok, Istri Wapres Sebut Kreativitas dan Inovasi Modal Utama Produk Kriya

Sebelum Pemprov Sumbar fokus dalam mengembangkan sektor pertanian. Bahkan, pada 2022, Pemprov Sumbar mengalokasikan 10 persen Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk sektor pertanian. Jumlah itu cukup besar, mencapai Rp200 miliar lebih.

Dengan anggaran itu Pemprov Sumbar akan menggerakan sektor pertanian dari berbabagi sisi. Salah satunya menghadirkan petani milenial.

Comment