Budaya

Ketua DPD LPM Irwan Basir Motivasi Warga Perumnas Belimbing Goro

152
×

Ketua DPD LPM Irwan Basir Motivasi Warga Perumnas Belimbing Goro

Sebarkan artikel ini

PADANG-Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam memotivasi warga Blok A Perumnas Belimbing Kuranji melaksanakan gotong royong (Goro) membersihkan lingkungan, Sabtu (30/5 /2020). Menurutnya, Goro ini merupakan bagian dari memberdayakan masyarakat.

“Goro ini bagian program kegiatan LPM, dalam memberdayakan masyarakat terutama dalam membersihkan lingkungan khususnya di RT 05/08 Perumnas Belimbing Kelurahan Kuranji,” ujar Ketua DPD LPM Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam, kemarin.

Dikatakan Irwan, dalam bergoro ini semua warga harus meninggalkan status dan kasta masing-masing, dalam menyinsingkan lengan baju untuk melalsanakan Goro. Sebab, warga diharapkan tidak lagi mengedepankan statusnya, tapi bagaimana membangun kebersamaan dalam suasana Goro.

BACA JUGA  Beri Tausiyah di Masjid Raya Sumbar, Ini Pesan A.A Gym

“Kita mengapresiasi warga di sini tidak lagi ada status orang masuk dan orang dalam,. Akan tetapi bisa berbaur di maa aie disauk di sinan rantiang dipatah, dimaa bumi dipijak, dimaa langiek dijunjuang,” ujar Irwan.

Ditambahkan Irwan, memang daerah ini sebelumnya merupakan Nagari Pauh IX, sebelum suasana pemerintahan nagari luar Padang Kota, Kabupaten Padangpariaman. Namun, kini nagari sudah masuk dalam administrasi pemerintahan kota, sehingga pemerintahan terendah Kelurahan dibantu RW dan RT. Namun, rasa sistem kekerabatan adat msih kental. Maka, warga disini meninggalkan embel embel kasta masing masing. Artinya, ditinggalkan dusanak dicari dusanak.

“Seperti, warga yang masuk suku Chaniago maka hendaknya mencari dusanak urang suku Chaniago, enggok mancakam tabang basitumpua,” tutur Irwan.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan, Perantau Minang Diminta jangan Pulang Kampung

Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M Fikar Dt Rajo Magek mengakui, ini bagian dari program LPM dalam memberdayakan masyarakat, sebagai bagian mendukung pembangunan daerah.

“Di antaranya pemberdayaan melalui kegiatan Goro dalam menciptakan kebersihan lingkungan. Dan terima kasih bantuan terhadap warga Goro senilai Rp500 ribu, untuk memotivasi warga melaksanakan Goro, ” ujar Fikar didampingi Ketua RW 08 Kadril Rj Darek. (rjk)

Comment