Pendidikan

MTQ Kuranji ke-39 Ditabuh Asisten I, Wujudkan Generasi Kota yang Madani

100
×

MTQ Kuranji ke-39 Ditabuh Asisten I, Wujudkan Generasi Kota yang Madani

Sebarkan artikel ini

PADANG-MTQ Tingkat Kecamatan Kuranji ke-39 dibuka Walikota Padang melalui Asisten I Setko Padang Edi Hasymi di Masjid Raya Balai Baru Kuranji, Rabu malam(18/3/2020). Menurutnya, kegiatan MTQ ini diharapkan bisa mewujudkan generasi Kota Padang yang madani.

Edi Hasymi mengatakan, MTQ ini merupakan membaca Al Quran memiliki dampak dunia dan akhirat bagi sipembacanya. “Bahkan, juga berdampak terhadap kemaslahatan umat. Membaca Quran itu bisa membentuk karakter anak menjadi akhklakulkarimah,” ujar Edi Hasymi.

Dikatakan, jika generasi lebih mencintai Quran dan membacanya, sehingga tidak ada tawuran dan begal seperti dikeluhkan masyarakat saat ini. Juga tidak ada tawuran dan berkeliaran di tengah malam. Maka diharapkan MTQ Kuranji menjadi pelopor di Kota Padang.

BACA JUGA  Lantamal II Padang Peringati Tahun Baru Islam, Danlantamal Ajak Hijrah ke Kebaikan

Ketua MPA KAN Pauh IX Kuranji Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam mengatakan, MTQ ini tak terlepas dari syiarnya agama Islam. Tidak ada pribumi, tapi semua yang hadir saat ini satu atap untuk kebersamaan. Di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung.

Kemudian, kegiatan ini tidak terlepas dari silaturahmi sesama anak nagari dan umat untuk meningkatkan kesatuan dan persatuan nagari. “Kegiatan MTQ ini juga bagian melestarikan nilai-nilai agama, dalam membentuk genarasi anak nagari ynag Qurani,” ujar Irwan.

Camat Kuranji Eka Putra Buhari mengatakan, MTQ ini merupakan momentum, untuk memotivasi memaknai nilai-nilai Agama, yang terkandung dalam Al Quran ini. Semoga MTQ mewujudkan generasi yang Islami,” ujar Eka.

BACA JUGA  Dua Siswa MTsN 1 Padang Ikuti Simulasi Olimpiade Matematika Nasional

Kakan Kemenag Padang Marjanis mengatakan, MTQ ini merupakan perlombaan seni baca, hafalan, tafsir dan penulisan karya ilmiah bertujuan menyiarkan Agama Islam, dengan mengembangkannya. Selain itu untuk pengembangan dengan melakukan menulis karya ilmiah. Kemudian dipahami, dihayati sehingga bermanfaat bagi umat. Selanjutnya memperluas di rumah, Mushalla dan di Masjid. “Selain itu sebagai spirit pembangunan bangsa Indonesia, menjadi rahmatan lil alamin. Juga bagian program Pemko Padang dalam mewujudkan Kota Padang ynag Madani. Serta pengamalan ilmu Al Quran dari semua lini,” ujar Marjanis.

Comment