Olahraga

Lawatan Prof Syahrial Kunjungi Pusat Latihan Olimpiade Belanda

162
×

Lawatan Prof Syahrial Kunjungi Pusat Latihan Olimpiade Belanda

Sebarkan artikel ini

PADANG — Pembinaan olahraga di Indonesia dari hasil kajian para pakar bermasalah dari level paling bawah, yakni fundamental movement skill dan detection. Karena itu guru besar olahraga Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Syahrial Bakhtiar mengunjungi Belanda, salah satunya Pusat Pelatihan Olimpiade Belanda (Olympic Training Center) Papendal, yang berlokasi di hutan Veluwe 8 kilometer dari Arnhem.

Prof Syahrial didampingi Risky Syahputra, M.Pd, Arischo Mardiansyah, S.Pd (mahasiswa S2) dan stafnya Afdal Ade Hendrayana, M.Pd, saat Senin (21/10) lalu menginformasikan, suasana di sekitar Hotel de Zeven Heuvelen, Nijmegen terasa dingin. Hembusan angin pada suhu 10OC kian terasa guna melakukan perjalanan dari hotel menuju lokasi Pusat Pelatihan Olimpiade Belanda (Olympic Training Center) Papendal menghabiskan waktu satu jam.

Sesampai dilokasi Olympic Training Center, peserta yang berasal dari berbagai negara yang juga merupakan International Program pertama yang diadakan oleh Prof. Johan Pion dan Tim dari HAN University (Belanda) dan Ghent University (Belgia) terlihat antusias untuk mengikuti materi pada hari pertama.

“Salah satu alasan kerja sama kedua universitas ini adalah dikarenakan sebagian besar tim adalah lulusan dari Ghent University yang kemudian menjadi dosen dan peneliti di HAN University serta bekerja pada Pusat Pelatihan Atlit Elit Negara Belanda,” jelas Syahrial.

Ditambahkannya, rasa antusias peserta semakin terlihat sesaat sampai di Papendal. Bagaimana tidak, pada bulan Maret 2009 Papendal menjadi salah satu dari empat Pusat Olahraga dan Pendidikan Elit di Eropa. Para atlet dapat berlatih, belajar dan tinggal pada satu lokasi. Pada 2013 Arnhem hall dibuka dan menjadi lokasi pelatihan multifungsi. Arnhem hall terdiri dari dua ruang olahraga yang digunakan oleh tim-tim besar Belanda, di antaranya terdapat dua ruang latihan kekuatan, ruang tinju, ruang atletik indoor, sebuah sprint hall, coach area dan sebuah restoran, BMX arena dan track atletik yang sengaja direnovasi sesuai dengan sarana yang akan digunakan pada ajang Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

BACA JUGA  Semen Padang FC U -20 ke Semifinal Jordus Cup 2019

Comment