Ekonomi

Pameran GP 2019, MKKS SMK Kabupaten Solok Unggulkan Keripik Tomat

364
×

Pameran GP 2019, MKKS SMK Kabupaten Solok Unggulkan Keripik Tomat

Sebarkan artikel ini
STAND SOLOK--Stand pemeran MKKS SMK dan SMA Kabupaten Solok di Gebyar Pendidikan Sumbar di Transmart Padang.

PADANG-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK dan SMA Kabupaten Solok tidak mau ketinggalan hadir menampilkam karya kreativitas siswa-siswa, yang ada di lingkungan pendidikan sekolah kejuruan (SMK) pada Gebyar Pendidikan (GP) 2019,yang dihelat di Trsnsmart Padang.
MKKS Kabupaten Solok menampilkan pengolahan keripik tomat dalam meningkatkan difersifikasi pangan lokal Kabupaten Solok. Karya inovatif ini dilahirkan siswa-siswa SMKN 1 Lembah Gumanti Kabupaten Solok.
“Di mana karya ini dilahirkan siswa siswa jurusan Tata Boga yang diketuai Desi Mariani,” ujar Ketua MKKS SMK Kabupaten Solok Husni Lahar di sela sela opening Gebyar Pendidikan (GP) 2019 di Trsnsmart Padang Jalan KH Sulaiman Padang, Jumat (4/10 /19).
Dikatakan Husni, MKKS SMK Kabupaten Solok selain menampilkan karya inovasi siswa lainnya di stand pameran GP 2019, namun karya inovatif siswanya yang diunggulkan pengolahan keripik tomat ini. Karya yang diaktegorikan inovasi bidang sosial ini melibatkan pelaksana Elfi Ramadhani dan Liza Engriani sebagai pembimbing.
Lahirnya, karya inovatif dilatarbelangi Kecamatan Lembah Gumanti merupakan salah satu daerah penghasil tomat terbesar di Sumbar. Namun, karena harga tomat yang fluktuatif dan sering turun drastis. Bahkan mencapai harga terendah senilai Tp 200 perkilogram. Sehingga membuat memicu para petani mengeluhkan hasik pertanian mereka, karena mengakibatkan biaya produksi mereka tak terpenuhi kembali.
Maka hal inilah yang inspirasi para siswa dan jajaran SMKN 1 Lembah Gumanti menciptakan makan siap saji denga berbahan baku tomat. Di mana kuliner siap saji keripik tomat berkasiat tinggi bagi kesehatan tubuh.
Antara lain, mencegah penyakit kanker, memelihara kesehatan mata karena banyak mengandung vitamin A dan menjaga kesehatan hormon. Selain itu juga mengurangi kadar lemak, menjaga kesetabilan jantung dan menjaga kesehatan tulang. Kemudian juga memiliki nilai anti oksidan yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain itu, di stand pameran ni MKKS SMK Kabupaten Solok juga menampilakn karya kreativiast lainnya, seperti baju karnaval.
Selianitu juga menampilkan, produk inovasi karya siswa. Diantaranya,Keripik dari tomat (SMKN 1 lembah Gumanti), Baju carnaval berbentuk kol dari SMKN 1 Lembah Gumanti, Pakaian adat baju basiba sulaman timbul dari SMKN 1 Lembah Gumanti dan Pakaian pesta motif burung merak dari SMKN 1 Lembah Gumanti.
Kemudian, produk bakery dari bahan labu siam SMKN 1 Lembah Gumanti, berbagai karya dari kerajinan kayu SMKN 1 Hiliran Gumanti, makanan dari olahan pertanian dan peternakan dari SMKN 1 Guntal, Sirup markisah dari SMA 1 Sumbar, Makanan pinyaran hitam dari SMAN 2 Hiliran Gumanti dan Rendang pensi dari SMAN 1 Junjung Sirih. (rjk)

BACA JUGA  Populasi Kerbau di Sumbar Menurun

Comment