Ekonomi

Pramuka Bisa Diberdayakan untuk Monitor Gerakan Pangan Desa

171
×

Pramuka Bisa Diberdayakan untuk Monitor Gerakan Pangan Desa

Sebarkan artikel ini
RAKOR-Wagub Sumbar Nasrul Abit membuka Rakor Pelaksanaan Keamanan Pangan Desa di salah satu hotel di Bukittinggi.

BUKITTINGGI — Pramuka bisa bekerja sama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dalam pembentukan Nagari Pangan Aman, karena Pramuka bisa memonitor gerakan pangan Desa.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit selaku Ketua Kwarda 03 Provinsi Sumbar dalam acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Keamanan Pangan Desa di salah satu hotel Bukittinggi, Rabu (31/7/2019) yang diikuti oleh 119 Walinagari se Sumbar dan para Pramuka se-Kwarcab.

Nasrul Abit mengungkapkan, BBPOM Kota Padang memiliki tugas dan fungsi yang cukup berat untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan keamanan pangan Desa. Dengan memanfaatkan kader Pramuka yang memiliki kemampuan membantu tugas BBPOM dalam melakukan fasilitas penyuluhan di sekolah-sekolah.

BACA JUGA  Ketua Dekopinda Padang Beri Pencerahan Peserta Pelatihan Standarisasi Keuangan Pengurus Koperasi

Ia menilai pelibatan Pramuka dalam mengawasi pangan dan jajanan yang sehat merupakan innovasi baru yang harus terus dikembangkan di Sumbar menekan angka keracunan pangan akibat mengonsumsi jajanan yang tidak sehat.

“Makanan yang ada di desa belum tentu lolos uji dari segi kesehatan dan keamanan, termasuk kosmetik-kosmetik, untuk itu para wali nagari bisa mengawasi penjualan makanan yang ada di daerahnya. Apalagi pada saat bulan Ramadhan, banyak sekali kita melihat makanan banyak mengandung bahan pewarna dan pengawet,” ujarnya.

Wagub Sumbar berharap, dengan melibatkan Pramuka bisa memberikan kontribusinya dalam mengawasi peredaran makanan dan alat kosmetik di Sumbar.

“Jadi kita memberdayakan melatih pramuka dengan harapan bisa peduli keamanan pangan di desa masing-masing. Disetiap desa yang kita intervensi sudah ada pramuka keamanan pangan,” harap Wagub Sumbar.

BACA JUGA  Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah di Bulan Ramadan, Semen Padang Buka Puasa Bersama dengan Media

Nasrul Abit menghimbau, agar pramuka termotivasi dan berkomitmen mewujudkan keamanan pangan di desa masing-masing. Disamping itu, kita juga meminta dukungan stakeholder dari pemerintah provinsi maupun kabupaten kota untuk bersama-sama mengadakan keamanan pangan desa, sehingga makin banyak desa yang kita intervensi,” ucapnya.

Seharusnya, pramuka berada di garis terdepan dalam meminimalisir peredaran bahan makanan dan kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat banyak .

Comment