Budaya

Anak Nagari Pauh IX Harus Tingkatkan Pembangunan SDM dan Ekonomi

394
×

Anak Nagari Pauh IX Harus Tingkatkan Pembangunan SDM dan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Pimwil PT Pegadaian (Persero) Riau, Sumbar Jambi Yulihasman Djamas SE MM berdiskusi dengan anak Nagari Pauh IX Kuranji. IST

PADANG-Pimpinan Wilayah PT Pegadaian (Persero) Riau, Sumbar Jambi Yulihasman Djamas SE MM  berdiskusi panjang lebardengan dengan anak Nagari Pauh IX Kuranji Padang di salah satu restoran di Kota Padang, Kamis (18/7/2029). Dalam kesempatan Yulihasman Djamas yang diakrab dipanggil Teten tersebut mengharapkan, anak nagari di Pauh IX Kuranji untuk merubah minset untuk menatap masa mendatang, karena ketat persaingan ke depan. Dan kompletnya tantangan pada masa mendatang.

 

Terutama dalam hal pembangunan sektor ekonomi dan pembangunan sumberdaya manusia (SDM) anak nagari pada masa mendatang. “Ke depan, kita anak nagari membangun SDM anak nagari tersebut dengan cara bersama-sama atau saling mendukung, mari kita tinggalkan budaya negatif yang selama ini menghambat kita bisa berkiprah di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Teten.

BACA JUGA  Keluarga Besar Lantamal II Padang Gelar Peringatan Maulid Nabi SAW

Dikatakan Teten, selama ini anak nagari banyak sukses meniti karirnya di berbagai profesi maupun di pemerintahan, baik BUMN, legislatif, yudikatif  dan eksekutif pada umumya mereka single fighter (meniti karir sendirian-red). Maka disinilah, anak nagari Pauh IX tertinggal dengan anak nagari lain maupun dengan suku lain. Sebab, suskses seseorang tersebut tidak saja ia sukses meniti sendiri, akan tetapi juga sukses mengkaderkan kaderasasiinya.

“Maka ke depan perlu dukungan  bersama, artinya gadang diamba, tinggi dijunjung, kalau tidak kita anak nagari akan kehabisan kaderasasi. Walaupun ada yang bisa sukses namun kepedulian ke nagari juga diragukan,” tambah Tetan.

Selain itu, anak Nagari Pauh IX jangan hanya konsen membangun SDM nagari, tanpa diimbangi dengan pembangunan di sektor perekonomian. Sebab,yang namanya ekonomi, akan menunjang keberhasilan dalam menempuh cita-citanya terutaa di pendidkan. Maka ke depan, juga dipikirkan bagaimana anak nagari yang kemampuan otak yang cerdas perlu dipasamoan, sehingga kelak ia juga peduli dengan nagarinya setelah sukses di mana ia berkiprh.

BACA JUGA  Simpatisan Gerindra Takziah ke Rumdin Wagub Nasrul Abit di Raden Saleh 

Maka diharapkan pada masa mendatang, anak nagari perlu merapatkan barisan bagaimana anak nagari tidak tertinggal dengan nagari lain, terutama dalam hal SDM dan ekonomi. Kemudian, jangan sampai jalan dialih urang lalu jo cupak diganti dek urang panggaleh. “ Maka hingga sekrang, mari kita merapatkan barisan dengan membangun SDM nagari yang berkualitas serta membangun sektor peekonomian,” ujar Teten.

Comment