Pendidikan

Dosen UNP Ikuti Workshop EMI US Embasyy-UI

228
×

Dosen UNP Ikuti Workshop EMI US Embasyy-UI

Sebarkan artikel ini

PADANG — Universitas Negeri Padang (UNP) mengirim tiga orang utusan untuk mengikuti Workshop English as a Medium of Instruction (EMI), yang merupakan program dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta yang pelaksanaannya bekerjasama dengan FakultasI Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia mulai 7 – 14 Juli 2019.

Dr. Nofrion, salah seorang dosen utusan UNP, Senin (15/7/2019) menjelaskan bahwa Rektor UNP, Prof. Ganefri, menugaskan tiga orang dosen untuk mengikuti Workshop EMI tersebut. Tiga orang utusan dari kalangan dosen UNP yang terpilih mengikuti kegiatan tersebut adalah Dr. Nofrion, (Pendidikan Geografi), RikiMukhaiyar, Ph. D Pendidikan Teknik Elektro) dan Erni Masdupi, Ph. D (Manajemen).

Nofrion mengungkapkan, sebelum mendapatkan sertifikat workshop, seluruh peserta diwajibkan untuk melaksanakan praktik mengajar berbahasa Inggris dalam format Micro Teaching. Workshop menghadirkan Dr. Heather Linville (English Language Specialist) dari University of Wisconsin – La Crosse yang memaparkan pelaksanaan pembelajaran dengan pengantar Bahasa Inggris harus memperhatikan dua hal pokok yaitu language learning dan content learning. Dosen atau Guru harus expert dalam hal bahasa dan konten.

BACA JUGA  Beri Pencerahan, UAS Ajak Prajurit Lantamal II Padang Hijrah

“Dalam rangka mewujudkan Visi UNP sebagai salah satu universitas berkelas dunia, sejak tahun 2017 UNP telah merintis kelasinternasional yang pada tahap awal dilaksanakan dalam bentuk bilingual class di 15 program studi yang sudah terakreditasi unggul (A),” ujar Nofrion mengutip Rektor Prof. Ganefri.

Nofrion menambahkan, pendidik untuk kelas internasional juga harus mampu mengelola aktivitas belajar sesuai dengan kerangka pembelajaran abad 21 seperti 4C’s dan HOTS. Sementara nara sumber lainnya Dr. Bradley Horn dari Regional English Language Officer – US Embassy.

Peserta workshop diikutis sekitar 50 orang dosen yang terdiri dari dua kelompok keilmuan yaitu sosial humaniora dan saintek agar menerapkan pengetahuan dan keterampilan EMI di universitasmasing-masing dan menawarkan kerjasama lanjutan bagi universitas yang berminat di Indonesia.

BACA JUGA  FE, FIS dan FBS UNP - FHISIP Universitas Terbuka Bekerja Sama

Comment