Ekonomi

Livestock Expo 2019, Ajang Pemanasan Jelang Penas 2020

261
×

Livestock Expo 2019, Ajang Pemanasan Jelang Penas 2020

Sebarkan artikel ini
TINJAU— Kadis Pertanian Padang, Syaiful Bahri meninjau kesiapan kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 di Aiapacah, dekat Balai Kota Padang, Selasa (25/6).IST

PADANG-Kadis Pertanian Padang, Syaiful Bahri mengatakan, Kota Padang mengikuti semua lomba yang digelar dalam kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 pada 26-28 Juni di Aie Pacah di lingkungan Balaikota Padang. Ia menargetkan, Kota Padang bisa mendapatkan hasil yang terbaik dalam kegiatan tersebut.
“Semua lomba kita ikuti, ada untuk sapi Bali, sapi Simmental, ayam kokok balenggek. Untuk kategori ayam kokok balenggek ini, tahun lalu kita juara,” ujar Syaiful Bahri, Selasa (25/6/2019)
Sebagai tuan rumah terang Syaiful, Kota Padang menyiapkan berbagai keperluan dalam kegiatan ini. Seperti, transportasi, penataan transportasi oleh Dinas Perhubungan dan keamanan dari kepolisian, Dandim dan Satpol PP.
“Kita juga menyiapkan listrik dari PLN. Kita juga menyediakan kesenian berupa saluang Pauah dan kesenian dari SMKI,” ujar Syaiful.
Syaiful mengungkapkan, Livestock Expo dan Kontes Ternak ini bagi Pemko Padang sebagai ajang pemanasan atau pra Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI pada 2020 mendatang. Dimana saat itu Kota Padang menjadi tuan rumahnya.
“Dengan adanya kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak ini, kita bisa tahu kendala yang dihadapi di lapangan nantinya. Sehingga pada Penas KTNA nanti tidak ditemukan kendala lagi,” ucap Syaiful.

BACA JUGA  Kerjasama dengan PT Semen Padang, Ditjen PRL KKP Adopsi Program Nabuang Sarok untuk Atasi Sampah Laut

Dikatakan, dalam kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak ini, beragam kegiatan dilaksanakan. Seperti, kontes ternak dari para peternak se-Sumbar. Diantaranya yang dilombakan untuk anak Simmental, induk Simmental dan kambing. Kemudian, juga ada stan promosi dari pemkab dan pemko terkait peternakan dan Keswan.

Kemudian, ada juga stan dari UPT pusat seperti BPTU Padang Mangatas, Balai Veteriner Bukittinggi dan BPTP Sukarami Solok. Selanjutnya, ada stan untuk mitra-mitra yaitu Japfa Comfeed, Bank Mandiri, BRI dan Bank Nagari. Stan-stan ini dilombakan.
Kegiatan lainnya yaitu, asah terampil untuk kelompok peternak se-Sumbar, cerdas tangkas yang mana pesertanya dari petugas teknis kabupaten dan kota. Kemudian, ada juga lomba ayam kukuak balenggek dengan kategorinya adalah, landik, book dan istimewa.
Selanjutnya, ada juga lomba busana baju kurung basiba dan lomba senam Maumere.

BACA JUGA  Diantar Melalui Jasa Pengiriman, BAZNAS Padang Terima Permohonan Bantuan Usaha dan Lansia

Comment