Ekonomi

Warga Payolinyam Mengadu Untung dengan Jamur Tiram

594
×

Warga Payolinyam Mengadu Untung dengan Jamur Tiram

Sebarkan artikel ini

PAYAKUMBUH – Jika bertandang ke Payolinyam Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh kita akan menemukan kampung jamur. Kampung yang sebelumnya masyarakatnya bertani kini beralih profesi menjadi pembudidaya jamur tiram.

Untuk menjadi pembudidaya jamur tiram memang tidak menjadikan masyarakat disana langsung kaya. Namun dengan motivasi dan kebersamaanya, usaha jamur tiram telah menjadi salah satu alternatif meningkatkan perekonomian keluarga mereka.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang meninggalkan pekerjaannya sebagi buruh tani. Ibu rumah tangga yang selama ini mendapatkan penghasilan dari buruh tani Rp40 ribu/hari, kini sudah beralih pada usaha jamur dengan pengasil mencapai Rp60 ribu/hari tanpa harus bergelimang lumpur.

BACA JUGA  Danlantamal II Padang jadi Narasumber Diklatda Hipmi Sumbar¬†

“Sekarang banyak yang sudah beralih menjadi untuk membuat baclok jamur tiram, karena bisa berpenghasilan lebih,”sebut Ketua Kelompok UP3HP Togak Basamo, Neni Yulendra Selasa (18/6/2019).

Dari awalnya hanya sekitar 14 pembudidaya, kini sudah ada 95 rumah yang menanam jamur tiram. Mereka juga mendirikan kelompok bersama untuk mengembangkan jamur tiram pada tahap produk akhir. Berupa pengolahan penganan yang berbahan dasar jamur.

Kelompok itu bernama Unit Pelayanan Pengembangan Pengolahan Hasil Pertanian (UP3HP) Togak Basamo. Kelompok ini lahir atas swadaya masyarakat dengan membuat pembudidayan jamur tiram. Awalnya tidak banyak yang menggeluti budidaya jamur, rata-rata masyarakat disana bertani dan buruh tani. Setelah ada budidaya jamur, akhirnya sejumlah petani ada yang meninggalkan pekerjaanya.

BACA JUGA  Nasrul Abit: Targetkan 2 Tahun Pembangunan Jalan Abai Sangir - Sungai Dareh Tuntas

Untuk menghasilkan jamur, masyarakat di Payolinyam Kota Payakumbuh sudah memiliki keahlian tersendiri, didukung dengan cuaca yang cenderung sejuk, Payolinyam mampu menghasilkan jamur berkualitas bagus.

Rata-rata masing-masing rumah di Payolinyam sudah membudidayakan jamur tiram. Paling sedikit 500 sampai 6000 tempat pembiakan jamur. Masing-masing baclok pembiakan mampu menghasilkan 8 kali panen dengan masing-masing 1 ons sekali panen.

Kelompok UP3HP Togak Basamo, Kota Payakumbuh menjadi perhatian bagi Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Untuk itu, dalam pembinaan, Dinas Koperasi Sumbar dan UKM mengunjungi kelompok ini.

Comment