PariwisataPeristiwa

Xakapa Cafe and Resto Lenyap Dihantam Banjir Bandang

205
×

Xakapa Cafe and Resto Lenyap Dihantam Banjir Bandang

Sebarkan artikel ini
Kondisi kafe Xakapa yang sudah tidak ada terlihat lagi bangunannya pascadihantam banjir bandang, Sabtu (11/5/2024).ist

PADANG – Xakapa Cafe and Resto diKabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, hanyut dihantam banjir.

Kafe terletak di kawasan air terjun Lembah Anai ini hilang bagai tak berbekas. Jangankan bangunan, tempat parkirnya aja sudah tidak terlihat.

Kondisi itu juga terlihat pada sejumlah video yang dibagikan oleh petugas TNI yang memastikan kondisi jalan Padang-Bukittinggi tidak bisa dilewati, putus total. Dalam video tersebut melihatkan kondisi Kafe Xakapa tidak ada bangunan lagi. Bahkan, air sudah sampai ke bibir jalan lintas Padang-Bukittinggi.

Diketahui, banjir bandang melanda Sumatera Barat pada Sabtu (11/5/2024) malam.

Kafe xakapa masih beroperasi.ist

Sebanyak 14 warga Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Kota Padang Panjang dilaporkan meninggal dunia akibat banjir yang melanda tiga daerah di Sumatera Barat, Sabtu (11/5/2024) malam.

BACA JUGA  Ini Kata Gubernur Irwan Prayitno Terkait Insiden Cekcok Ketua KPU Sumbar dengan Petugas Posko Covid-19

Juru Bicara BPBD Sumbar, Ilham, di Padang, Minggu (12/5/2024) menyebutkan data sementara warga yang meninggal ada 14 orang masing-masing delapan orang di Kabupaten Agam, satu orang di Tanah Datar dan lima orang di Padang Panjang.”Data pasti belum bisa kita rinci karena masih dalam pendataan petugas di daerah,” katanya.

Ia menyebut selain korban meninggal dunia, sejumlah korban dilaporkan masih hilang dan dalam proses pencarian oleh tim gabungan pada tiga daerah terdampak.

Ilham merinci, daerah yang terdampak banjir masing-masing Sungai Pua, Bukik Batabuah, Kubang Putiah, Maninjau, Koto Tuo, Koto Gadang dan Lasi di Kabupaten Agam.

Kemudian Batipuah, Batipuah Selatan, Singgalang X Koto, Limo Kaum, Koto Laweh, Ai Angek X Koto dan Pandai Sikek di Kabupaten Tanah Datar.

BACA JUGA  Dukung Visit Beutiful West Sumatera 2023, Bangun Taman Percantik Fly Over Duku Padang Pariaman

Lalu Silaiang Bawah dan Kelurahan Pasar Usang, dan Batas Kota di Kota Padang Panjang.

Selain mengakibatkan korban jiwa, banjir yang terjadi juga mengakibatkan jalan negara putus total di Silaiang, beberapa jembatan putus dan rumah warga terendam.(*)

Comment