NasionalSumatera Barat

6.592 Jemaah Haji Akan Berangkat dari Embarkasi Padang

178
×

6.592 Jemaah Haji Akan Berangkat dari Embarkasi Padang

Sebarkan artikel ini
Jemaah Haji

PADANG – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang tahun 1445H/2024 telah siap untuk memberangkatkan 6.592 calon jemaah haji ke Tanah Suci. Dari total tersebut, 4.806 jemaah berasal dari Sumatera Barat, sedangkan 1.702 jemaah lainnya berasal dari Bengkulu yang tergabung dalam 17 kloter.

“Embarkasi Haji Padang akan memberangkatkan 6.592 calon jamaah haji. Rinciannya 4.806 jamaah asal Sumbar, dan 1.702 jamaah asal Bengkulu yang tergabung dalam 17 kloter,” ungkap Kakanwil Kemenag Sumbar yang juga ketua PPIH Sumbar, Mahyudin, usai kegiatan simulasi pelayanan jemaah haji di Kota Padang pada Senin (6/5/2024).

Mahyudin menyampaikan bahwa moto musim haji tahun ini masih “Haji Ramah Lansia”. Oleh karena itu, pihaknya melakukan simulasi pelayanan one stop service sebagai bentuk pelayanan prima kepada calon jamaah haji tahun 2024, terutama bagi jemaah lansia yang akan mendapatkan prioritas pelayanan.

BACA JUGA  Bidik Potensi Carbon Trade, Sumbar Belajar ke Kaltim

Untuk memaksimalkan pelayanan haji, Kemenag Provinsi Sumbar menyimulasikan berbagai tahapan one stop service kepada calon jamaah haji di Embarkasi Haji Kota Padang. Layanan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, distribusi gelang identitas jamaah, living cost, paspor, boarding pass, dan visa pada saat kedatangan jamaah haji di gedung aula penerimaan.

“Calon jamaah haji lansia kita prioritaskan karena kelompok ini butuh istirahat yang lebih banyak,” ujar Mahyudin. Petugas akan mendata dan memberikan pelayanan kepada para calon jamaah sejak turun di embarkasi hingga tiba di kamar istirahat.

Meskipun tidak membentuk jalur khusus bagi calon jamaah haji lansia, petugas telah menyiapkan tempat khusus kepada calon jamaah kategori prioritas seperti kelompok lansia sesuai peraturan Kementerian Agama RI.

BACA JUGA  Organisasi Perantau Minangkabau Masih Bergerak Parsial

Mahyudin menegaskan persiapan telah mencapai 98 persen dan akan dilakukan pembenahan lainnya menjelang hari pemberangkatan. Pemberangkatan Jemaah Embarkasi Padang ke Tanah Suci akan dimulai pada 12 Mei 2024, dengan kloter pertama merupakan jemaah dari Kota Padang, kemudian diikuti kloter selanjutnya di hari-hari berikutnya. (Bdr)

Comment